Mau Menikmati Sunrise di Borobudur? Cobalah Enam Spot Ini

Mau Menikmati Sunrise di Borobudur? Cobalah Enam Spot Ini
Foto: Kementerian Pariwisata

jpnn.com - MAGELANG - Berwisata ke Candi Borobudur tidak akan lengkap tanpa menikmati sunrise dengan latar depan bangunan peninggalan Dinasti Syailendra itu. Setiap pekan, ratusan orang berbondong-bondong mengunjungi satu dari sekian banyak spot untuk menikmati matahari muncul dari balik stupa.

Mereka rela menahan kantuk, mendaki, dan berdiam diri satu atau dua jam menunggu proses sunrise. Hampir seluruh dari mereka tidak sekadar menyaksikan munculnya sang surya, tapi juga mengabadikannya dengan kamera.

Ada enam tempat terbaik menikmati sunrise di Candi Borobudur. Pertama adalah Punthuk Setumbu. Bukit di Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang itu  kini dikenal dengan nama Borobudur Nirvana Sunrise.

Lokasi ini ditemukan seorang fotografer tiga tahun lalu, kemudian populer di media sosial dan kian ngetop lewat film Apa Dengan Cinta (AADC) 2. Setiap pekan, Punthuk Setumbuh kebanjiran wisatawan dalam dan luar negeri dengan jumlah kunjungan terus meningkat.

Punthuk Setumbu adalah bukit setinggi 400 meter di atas permukaan laut (mdpl). Dari tempat ini, wisatawan menyaksikan bukit-bukit hijau, rumah-rumah penduduk, dan bagian atas candi.

Kedua adalah Gereja Ayam. Jika tak kebagian tempat di Punthuk Setumbu, cobalah berjalan beberapa menit ke Gereja Ayam. Sesuai namanya, lokasi kedua untuk menikmati sunrise di Candi Borobudur ini sebelumnya tempat ibadah umat Kristen.

Kini, Gereja Ayam adalah tempat wisata dan banyak dikunjungi wisatawan. Dari atas Gereja Ayam, wisatawan bisa menyaksikan sekujur Candi Borobudur yang berbalut kabut pagi saat matahari perlahan menampakan diri.

Ketiga adalah Bukit Purwosari. Tempat ini populer di kalangan wisman dengan nama Purwosari Hill. Lokasinya masih di sekitar Punthuk Setumbu dan Gereja Ayam.

MAGELANG - Berwisata ke Candi Borobudur tidak akan lengkap tanpa menikmati sunrise dengan latar depan bangunan peninggalan Dinasti Syailendra itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News