Mau Tubuh Bugar Selama Puasa? 4 Menu Sahur ini Patut Anda Coba

Mau Tubuh Bugar Selama Puasa? 4 Menu Sahur ini Patut Anda Coba
Manfaat serat bisa membantu menurunkan berat badan. Ilustrasi. Foto IST

jpnn.com - Supaya puasa berjalan dengan lancar dan kondisi tubuh senantiasa bugar, tentu kita tidak boleh asal memilih menu sahur. Berikut sajian menu sahur yang sebaiknya Anda konsumsi:

1. Karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks adalah zat yang dicerna lebih lama, dan energi yang ada di dalamnya juga dilepaskan secara bertahap. Sehingga, bisa membantu Anda tetap bertenaga seharian.

"Konsumsi karbohidrat kompleks saat sahur akan menjaga tubuh tetap berenergi sepanjang hari. Contoh karbohidrat kompleks, yaitu nasi merah, nasi hitam, dan kentang yang direbus dengan kulitnya," ujar dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter.

2. Protein

Protein merupakan zat gizi yang berfungsi untuk menggantikan sel-sel rusak. Dengan demikian, kerja seluruh sistem tubuh tetap terjaga optimal, sekalipun saat berpuasa. Maka dari itu, pastikan menu sahur mengandung cukup protein. Bahan makanan yang tinggi protein, yakni telur, ayam, ikan, tempe tahu, dan daging.

BACA JUGA: Menu Sahur ini Baik Untuk Penderita Sakit Mag

3. Serat

Lebih baik Anda mengonsumsi menu yang bervariasi, bergizi dan sehat, agar kondisi tubuh senantiasa bugar saat harus menahan haus dan lapar seharian.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News