Mbak Puan: Bantuan Nontunai Bikin Keluarga Miskin Biasa Menabung

Mbak Puan: Bantuan Nontunai Bikin Keluarga Miskin Biasa Menabung
Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menyerahkan bantuan nontunai bagi penerima yang terdaftar dalam Program Keluarga Harapan (PKH), Kamis (17/11). Foto: Kemenko PMK for JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Pemerintah mulai mengubah model distribusi dan bentuk barang bantuan untuk keluarga miskin.

Sejak Presiden Joko Widodo mengeluarkan kebijakan mengenai keuangan inklusi, bentuk dan distribusi bantuan memanfaatkan sistem perbankan.

Hal itu ditandai dengan penyerahan bantuan nontunai bagi penerima yang terdaftar dalam Program Keluarga Harapan (PKH), Kamis (17/11).

Menteri Koordinator  bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan, sistem itu memiliki banyak manfaat.

Di antaranya ialah memudahkan pengontrolan, dan memenuhi syarat penyaluran tepat sasaran, waktu serta jumlah.

“Sejalan dengan arahan Bapak Presiden, Kemenko PMK bekerja sama dengan kementerian/lembaga terkait sedang memfinalisasi rancangan Peraturan Presiden mengenai penyaluran bantuan sosial nontunai yang diharapkan dapat diterbitkan dalam waktu yang tidak lama lagi,” ungkap Puan yang mewakili Jokowi di Kantor Kemensos, Jakarta.

“Untuk memastikan keluarga miskin memperoleh bantuan perlindungan, jaminan dan pemberdayaan sosial secara integratif holistik, maka penyalurannya menggunakan kartu kombo, yang ditunjang oleh teknologi dengan sistem e-wallet dan tabungan yang terintegrasi,” imbuhnya.

Anak Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri itu juga membeberkan manfaat penyaluran model nontunai.

JAKARTA – Pemerintah mulai mengubah model distribusi dan bentuk barang bantuan untuk keluarga miskin. Sejak Presiden Joko Widodo mengeluarkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News