Mbak Puan Lepas Peserta Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan

Mbak Puan Lepas Peserta Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan
Menko PMK Puan Maharani memberikan pembekalan dan memimpin upacara pelepasan peserta Ekspedisi NKRI di Batujajar. Foto: Kemenko PMK

jpnn.com, BANDUNG BARAT - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, memberikan pembekalan kepada seluruh peserta Ekspedisi NKRI koridor Papua bagian selatan tahun 2017.

Pembekalan tersebut berbarengan dengan upacara pelepasan peserta di Lapangan Hitam Pusdik Kopassus, Batujajar, Jawa Barat, Jumat (21/7). Puncak acara Ekspedisi NKRI koridor Papua bagian selatan ini merupakan rangkaian penyelenggaraan ke-7, akan berlangsung pada tanggal 28 Oktober 2017 di Marauke.

Mbak Puan menjelaskan bahwa Ekspedisi NKRI ke depan lebih difokuskan pada pembinaan generasi muda untuk memiliki rasa kebangsaan yang tinggi, yang bisa dilaksanakan melalui kegiatan-kegiatan outbond, survival, dan kegiatan pembinaan lainnya.

Melalui ekspedisi NKRI yang dikoordinasikan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, berbagai program kegiatan berbasis masyarakat lintas Kementerian/Lembaga diselenggarakan agar masyarakat dapat merasakan kehadiran negara dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, menumbuhkan rasa solidaritas dan kesetiakawanan sosial serta menumbuhkan semangat nasionalisme di kalangan masyarakat.

Ekspedisi NKRI kali ini melibatkan 1180 peserta dari berbagai kalangan, khususnya generasi muda, dengan jumlah yang diberangkatkan dari Jakarta sebesar 574 peserta dan 606 akan direkrut di sekitar Papua, 311 orang merupakan mahasiswa dari 103 Perguruan Tinggi di Indonesia.

“Tentu saja ini menjadi kesempatan yang sangat baik bagi para peserta untuk menjelajah negeri, melihat langsung kebesaran Nusantara, memaknai keragaman yang ada, dan mempelajari dalam kebersamaan Indonesia," ucap Mbak Puan.

Menko PMK berharap para mahasiswa ini bisa menjadi agen perubahan cara berpikir, cara bekerja, dan cara hidup yang dapat membangun masyarakat yang bermartabat, berkemajuan, dan bergotong royong dan dalam penjelajahan Ekspedisi NKRI kali ini juga diharapkan bisa diperoleh berbagai temuan baru, baik sumber kekayaan alam maupun budaya. Untuk selanjutnya dapat disampaikan kepada pemerintah, perguruan tinggi serta masyarakat, untuk dapat ditindak lanjuti dan bermanfaat bagi kepentingan rakyat.

“Saya atas nama Pemerintah, menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Panglima TNI, Kapolri, Kepala Staf Angkatan, Komandan Jenderal Kopassus, semua kementerian dan lembaga terkait, Pemerintah Daerah, BUMN/dunia usaha, tokoh masyarakat, media dan seluruh pendukung yang telah bergotong royong mempersiapkan pelaksanaan kegiatan dan mendukung penuh ekspedisi NKRI," tambah Menko PMK.

Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, memberikan pembekalan kepada seluruh peserta Ekspedisi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News