Media Asing Soroti Rencana Penutupan Pulau Komodo

Media Asing Soroti Rencana Penutupan Pulau Komodo
Komodo di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Foto: Kemenpar

jpnn.com, JAKARTA - Mulai tahun 2020 Pulau Komodo akan ditutup untuk turis. Penutupan akan dilakukan satu tahun dengan tujuan melindungi komodo dan merehabilitasi habitat mereka. Rencana ini pun ramai diberitakan media asing.

Media online di negara berbahasa Jerman, seperti Jerman, Austria dan Swiss, ramai memberitakan tentang rencana pemerintah Indonesia untuk menutup Pulau Komodo mulai tahun 2020.

 

BACA JUGA: KLHK Bentuk Tim Terpadu Kaji Rencana Penutupan Pulau Komodo

Dengan judul “Indonesiens Dracheninsel bleibt 2020 geschlossen” (Pulau Komodo Indonesia tutup di tahun 2020) media terkemuka Jerman, der Spiegel, dalam situsnya menyampaikan informasi kepada pembacanya bahwa Pemerintah Indonesia akan menutup Pulau Komodo untuk turis dengan alasan perlindungan terhadap satwa di sana.

BACA JUGA: Inilah Alasan Pulau Komodo Bakal Ditutup Sementara

Der Spiegel menjelaskan tentang jumlah komodo yang kini berada di pulau dan jumlah pengunjung tiap bulan, serta rencana dinaikkannya tiket masuk bagi wisatawan mancanegara yang nantinya menjadi sebesar 440 Euro (500 Dolar AS) per orang. Media, yang memiliki 11 juta unique user ini, tidak membahas panjang mengenai insiden penyelundupan komodo ke luar negeri yang terjadi bulan lalu.

BACA JUGA: Menteri LHK: Taman Nasional Komodo Tak Bisa Ditutup Mendadak

Media terkemuka Jerman, der Spiegel, dalam situsnya menyampaikan bahwa Pemerintah Indonesia akan menutup Pulau Komodo untuk turis dengan alasan perlindungan terhadap satwa di sana.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News