Megawati: Nama Soekarno Tak Akan Tenggelam Dalam Sejarah Bangsa

Megawati: Nama Soekarno Tak Akan Tenggelam Dalam Sejarah Bangsa
Megawati Soekarnoputri saat Peringatan Haul Bung Karno ke-47 dan peluncuran buku Bung Karno, Islam, dan Pancasila, di Gedung Nusantara IV, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD. Foto: Humas MPR

jpnn.com, JAKARTA - Presiden kelima RI, Megawati Soekarnoputri mengungkap, setelah Presiden Soekarno dilengserkan, ada perubahan yang sangat luar biasa dalam perjalanan bangsa.

Menurut Mega, sejak tahun 1967 hingga 1993 terjadi deSoekarnoisasi. "Secara politik yang berbau Soekarno ditenggelamkan," ujarnya saat menjadi keynote speech dalam acara Peringatan Haul Bung Karno ke-47 dan Peluncuran Buku Bung Karno, Islam, dan Pancasila, di Gedung Nusantara IV, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta, 21 Juni 2017.

Akibat yang demikian polemik tentang Soekarno dan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945 terjadi selama puluhan tahun.

Megawati mengungkapkan, dirinya mempunyai pengalaman saat diundang menjadi pembicara di Sesko ABRI di Bandung, Jawa Barat, tahun 1993. Dalam seminar itu ada seorang perwira yang menanyakan, apakah Soekarno seorang pengkhianat.

Pertanyaan tersebut dijawab Megawati dengan mengatakan, "Saya bersumpah Bung Karno bukan pengkhianat," ujarnya. Selanjutnya ia mengatakan, nama Soekarno tidak akan tenggelam dalam sejarah bangsa. Bahkan dikatakan, Soekarno menjadi milik dunia. KAA tahun 1955 dan Gerakan Non-Blok merupakan karya Bung Karno. "Di PBB, KAA menjadi heritage of the world," papar Megawati.

Megawati dalam kesempatan itu bersyukur dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo, 1 Juni ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila. Dirinya bersyukur sebab keinginan untuk menjadikan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila menjadi kenyataan.

Soal buku karya Ketua Fraksi PDIP di MPR, Ahmad Basarah, Megawati mengatakan buku yang berjudul Bung Karno, Islam, dan Pancasila, merupakan disertasi ilmiah. "Sehingga soal Bung Karno bukan omong kosong," ujarnya. (adv/jpnn)


Presiden kelima RI, Megawati Soekarnoputri mengungkap, setelah Presiden Soekarno dilengserkan, ada perubahan yang sangat luar biasa dalam perjalanan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News