Mekanisasi Pertanian Tekan Biaya Operasional Hingga 48 Persen

Mekanisasi Pertanian Tekan Biaya Operasional Hingga 48 Persen
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. Foto: Kementan

jpnn.com, WAJO - Kementerian Pertanian (Kementan) telah menyalurkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) untuk Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan guna menyukseskan Program Selamatkan Lahan Rawa Untuk Kesejahteraan Petani (Serasi). Bantuan Alsintan tersebut di antaranya traktor roda dua sebanyak 30 unit.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Wajo, Muhammad Ashar menjelaskan untuk mengoptimalkan penggunaan Alsintan tersebut, pihaknya telah membentuk brigade yang dikelola langsung oleh dinas pertanian.

Kondisi lahan pertanian di sekitar lokasi Program Serasi masih dalam kondisi banjir dan menunggu waktu olah tanah, sehingga 30 unit traktor roda dua tersebut belum bisa beroperasi.

"Bantuan Alsintan selain traktor roda dua ada juga excavator, sangat membantu kami dan petani tentunya untuk secepatnya mengolah lahan pertanian yang sebelumnya dilanda banjir. Jadi kerugian petani akibat banjir dapat diatasi cepat," kata Ashar di Wajo, Jumat (14/6).

Menurut dokumen Berita Acara Pemeriksaan Hasil Pekerjaan Bantuan Traktor Roda Dua antara penyedia dengan Dinas Pertanian Wajo, 30 unit traktor roda dua tersebut baru tiba dan diserah terimakan oleh penyedia pada 25 april 2019.

Kemudian, dibutuhkan waktu sekitar 2 minggu untuk perakitan dan running test sampai alat tersebut bisa disalurkan dan digunakan.

"Jadi informasi bahwa alat tersebut bertumpuk sudah lama dan tidak disalurkan adalah tidak benar dan hasil pengecekan fisik pada traktor roda dua tidak ditemukan karat. Tentu membutuhkan waktu dan tahapan sampai alat tersebut difungsikan untuk pengolahan tanah," tegas Ashar.

Sementara, Direktur Alat dan Mesin Pertanian, Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian, Kementerian Pertanian (Kementan), Andi Nur Alam Syah menjelaskan, sebanyak 30 unit traktor roda dua tersebut baru tiba di Kabupaten Wajo pada 25 April 2019 dan membutuhkan waktu perakitan hingga bisa dioperasikan (running test, red) selama dua minggu.

Kementerian Pertanian (Kementan) telah menyalurkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) untuk Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan guna menyukseskan Program Selamatkan Lahan Rawa Untuk Kesejahteraan Petani (Serasi).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News