Membaca Novel, Obat Tokcer Bikin Otak Encer

Membaca Novel, Obat Tokcer Bikin Otak Encer
Dewi Mulyani dibonceng ayahnya Mardani dengan sepeda angin sambil membaca buku saat melintas di Jalan P Diponegoro, Rabu (1/3) menjadi perbincangan hangat di media sosial (medsos). Foto: Agus Pramono/Kalteng Pos

jpnn.com - Ada banyak metode yang bisa meningkatkan serta mempertajam kinerja otak, mulai dari pemenuhan suplemen hingga cara-cara yang murah, salah satunya membaca.

Fakta bahwa membaca itu baik untuk otak Anda tidak mengherankan. Perlu diketahui, dampak paling mendasar terjadi di area yang terkait dengan penerimaan bahasa, korteks temporal kiri.

Itu terjadi ketika kita memproses bahasa lisan juga, tetapi sifat membaca mendorong otak untuk bekerja lebih keras dan lebih baik.

"Biasanya, ketika Anda membaca, Anda memiliki lebih banyak waktu untuk berpikir," kata Maryanne Wolf, EdD, director of the UCLA Center for Dyslexia, Diverse Learners, and Social Justice, seperti dilansir laman MSN, Rabu (10/4).

"Membaca memberi Anda tombol jeda yang unik untuk pemahaman dan wawasan. Pada umumnya, dengan bahasa lisan — ketika Anda menonton film atau mendengarkan kaset — Anda tidak menekan jeda," jelas Wolf.

Selain itu, manfaat membaca berlanjut lama setelah Anda meletakkan buku yang Anda baca tersebut. Sebuah penelitian kecil di Emory University menemukan bahwa beberapa manfaat itu bertahan selama lima hari.

"Kami menyebutnya kegiatan bayangan, hampir seperti ingatan otot," kata Direktur Center for Neuropolicy at Emory, Gregory Berns, PhD.

Membaca juga memberi energi pada wilayah yang bertanggung jawab atas aktivitas motorik, sulkus sentral. Itu karena otak adalah aktor bermain yang sangat bersemangat.

Ada banyak metode yang bisa meningkatkan serta mempertajam kinerja otak, mulai dari pemenuhan suplemen hingga cara-cara yang murah, salah satunya membaca.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News