Memesona di IFW, Batik Banyuwangi Siap Go Internasional

Memesona di IFW, Batik Banyuwangi Siap Go Internasional
Peragaan busana dengan motif batik Banyuwangi memesona panggung IFW 2017. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com -Beragam batik dari Banyuwangi sukses menarik perhatian di ajang fesyen ternama di Asia, Indonesia Fashion Week (IFW), di Jakarta Convention Center, Sabtu (4/2) kemarin.

Peragaan busana dengan motif batik hasik karya perajin lokal Tanah Blambangan itu ditampilkan di hadapan desainer, pelaku industri fesyen, dan penggemar mode.

Di antara mereka yang hadir di antaranya adalah Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Poppy Dharsono, Putri Indonesia Kezia Waraouw, Duta besar Argentina untuk Indonesia Ricardo Luis Bocalandro, dan para perancang mode Tanah Air.

Enggartiasto sendiri mengapresiasi langkah Pemkab Banyuwangi, mendorong batik lokal tampil di ajang berpengaruh seperti IFW, sehingga produk-produk Banyuwangi termasuk batik makin dikenal dan diminati.

"Strategi Banyuwangi melibatkan UMKM di ajang nasional seperti ini bisa membuka pasar bagi pelaku UMKM. Di situ memang peran pemerintah membuka jalan bagi perajin lokal agar produknya dikenali dan laris. Saya cek kualitas produk UMKM Banyuwangi memang oke, jadi tahun ini beberapa UMKM terpilih akan difasilitasi Kementerian Perdagangan untuk promosi membuka pasar di luar negeri, antara lain di Abu Dhabi, Taiwan, dan Qatar yang pasarnya sedang tumbuh," kata Enggartiasto.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas mengatakan, setelah terus dilatih dan dikoneksikan dengan para desainer profesional, kini tiba saatnya perajin batik Banyuwangi lebih menasional dan mendunia.

"Ini merupakan bukti bahwa negara hadir menjembatani dan memfasilitasi para perajin lokal, para usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) batik daerah, untuk bisa memperluas pasar dan terlibat dalam rantai pasok industri fesyen nasional," ujarnya.

Peragaan busana batik banyuwangi ini dibuka dengan penampilan 50 penari gandrung, tari khas Banyuwangi. Peragaan bertema Sekar Jagat Banyuwangi tersebut dibuka model yang membawakan kebaya berbalutkan jarit khas Banyuwangi. Jarit yang ditampilkan mengusung warna-warni glamor.

Beragam batik dari Banyuwangi sukses menarik perhatian di ajang fesyen ternama di Asia, Indonesia Fashion Week (IFW), di Jakarta Convention Center,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News