Menag: Islam Dibajak Pihak-pihak Tertentu

Menag: Islam Dibajak Pihak-pihak Tertentu
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menjadi salah satu pembicara dalam Seminar Internasional bertajuk‎ Peran Perguruan Tinggi Dalam Penguatan Pemikiran Islam Moderat di Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) di Jakarta, Senin (14/10). 

Lukman mengapresiasi ‎pelaksanaan seminar yang diinisiasi UAI bersama Rabithah Al-Alam Al-Islamy atau Liga Muslim sedunia itu. Sebab, Islam saat ini dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu untuk kepentingan pribadi atau kelompok. 

"Belakangan ini kan Islam dibajak pihak-pihak tertentu yang sebenarnya hanya mengatasnamakan Islam," kata Lukman. 

Dia menjelaskan, pihak-pihak tersebut menggunakan agama sebagai pembenar tindakan mereka, yang sebenarnya untuk kepentingan pribadi. "Islam untuk alat pembenar," ujar Lukman.

Karena itu, menurut Lukman, pembahasan mengenai Islam yang moderat harus dilakukan. Islam, katan dia menambahkan, perlu memberikan kontribusi untuk memajukan peradaban dunia. 

"Islam wasathiyah adalah sebuah paham, sebuah sistem yang sangat relevan untuk dijadikan acuan sekaligus tujuan kita membangun peradaban ke depan," ungkap Lukman.(gil/jpnn) 


Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menjadi salah satu pembicara dalam Seminar Internasional bertajuk‎ Peran Perguruan Tinggi Dalam Penguatan


Redaktur & Reporter : Gilang Sonar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News