Menag Targetkan Pusat Layanan Halal Beroperasi Oktober

Menag Targetkan Pusat Layanan Halal Beroperasi Oktober
Menteri Agama, Lukman Hakim. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Agama akan segera membangun Pusat Halal Indonesia tahun ini. Pembangunan ini dilakukan sebagai fasilitas bagi keberlangsungan operasional Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) yang diharapkan sudah beroperasi pada Oktober 2019 mendatang.

“Tahun ini, Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) kami arahkan untuk membangun dua pusat layanan. Pertama, Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT), dan kedua, Pusat Layanan Halal,” kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Jakarta, Jumat (1/2).

Dia menambahkan, BPJPH pada Oktober nanti, sudah harus running. Mulai 17 Oktober nanti harus sudah mulai melayani segala aktivitas, terkait kehalalan produk – produk kosmetika, obat-obat, dan sebagainya.

Sebelumnya Kemenag telah melakukan pembangunan fasilitas dengan menggunakan SBSN untuk tiga jenis layanan. Yakni, madrasah, gedung-gedung PTKIN, serta Balai Nikah dan Manasik Haji. “Ketiganya masih diteruskan juga tahun ini,” ucapnya.

Dia berpesan pada jajarannya untuk mengawal betul proses pembangunan dengan SBSN ini, agar bisa tepat sasaran, tepat guna, dan berdampak pada peningkatan pelayanan umat.

“Kawal betul proses pembangunan dengan SBSN ini agar betul-betul on the track. Sesuai peraturan. Bukan hanya sesuai norma hukum, tapi juga sesuai norma agama kita,” tegasnya. (esy/jpnn)


Pusat Halal Indonesia akan dibangun tahun ini dan ditargetkan sudah mulai beroperasi Oktober 2019.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News