Mencicipi Dimsum Bandeng, Makanan Tiongkok Citarasa Gresik

Mencicipi Dimsum Bandeng, Makanan Tiongkok Citarasa Gresik
Annisaa’ul Mahfiroh menjajal menu dimsum bandeng kreasi chef Bagus Sumargono. Ada tujuh varian dimsum dengan bahan utama ikan bandeng. (Nurul Komariyah/Jawa Pos/JawaPos.com)

jpnn.com - Dimsum sudah menjadi makanan yang populer di Indonesia. Bahkan tak sedikit juru masak yang sudah berani memodifikasi makanan asal Tiongkok tersebut.

Salah satunya adalah Bagus Margono. Produksi bandeng yang berlimpah di Gresik menginspirasinya untuk melakukan sesuatu yang baru.

Pria yang akrap disapa Chef Margo itu berimprovisasi dengan membuat dimsum bandeng. Ikan bandeng menjadi bahan baku utama dimsum yang dibuat dalam tujuh varian.

’’Saya mengeksplor bandeng yang memang khas Gresik,” ujarnya.

Salah satu varian dimsum dengan tampilan dan rasa yang unik adalah bandeng srikaya. Varian tersebut dibuat dari daging ikan yang digiling halus dan dicampur dengan udang.

Kemudian, dibungkus dengan roti tawar yang sudah dipotong-potong seperti dadu. Potongan roti sebagai kulit pembungkus menghasilkan tampilan dengan tekstur layaknya buah srikaya.

’’Rasa varian srikaya ini paling beda. Kriyuk-kriyuk banget,” kata Annisaa’ul Maghfiroh, salah seorang penikmat dimsum.

Dalam pengolahan semua varian dimsum, pemrosesan daging bandeng harus tepat. Tujuannya, duri yang kecil dan banyak bisa hilang. Margo menggunakan proses fillet. Setelah itu, daging bandeng digiling sampai halus seperti pasta.

Dimsum sudah menjadi makanan yang populer di Indonesia. Bahkan tak sedikit juru masak yang sudah berani memodifikasi makanan asal Tiongkok tersebut.

Sumber Jawapos.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News