Mendagri: Tidak Elok Berkoalisi tapi Menikam dari Belakang

Mendagri: Tidak Elok Berkoalisi tapi Menikam dari Belakang
Tjahjo Kumolo. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengungkapkan pandangannya terkait etika berpolitik di tanah air belakangan ini. Menurutnya, ada pihak yang terkesan begitu saja meninggalkan koalisi hanya demi kepentingan jangka pendek. 

"Saya kira ini menunjukkan etika berkoalisi yang semakin tidak jelas. Ringan saja meninggalkan etika berkoalisi," ujar Tjahjo di Jakarta, Jumat (14/7).

Mantan Sekjen DPP PDI Perjuangan itu menuturkan, ketika sejumlah pihak menyatakan berkoalisi maka harusnya saling mendukung satu sama lain. Misalnya, ketika memutuskan berkoalisi dengan partai pendukung pemerintah, maka keputusan politik yang ada harus diamankan bersama secara beriringan.

"Bukan malah ditinggal lari sendiri di tengah jalan. Harusnya mengedepankan kepentingan pemerintah, kepentingan masyarakat, bangsa dan negara dalam membangun sistem yang konsisten. Tidak elok berkoalisi tapi menikam dari belakang," ucap Tjahjo.

Sebagai informasi, pada pembahasan di Pansus RUU Pemilu, Kamis (13/7), Partai Amanat Nasional (PAN) memilih sikap berseberangan dengan sejumlah partai politik lainnya yang mendukung pemerintahan Joko Widodo. Padahal, PAN merupakan partai pendukung pemerintah dan memiliki menteri di Kabinet Kerja.(gir/jpnn)


Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengungkapkan pandangannya terkait etika berpolitik di tanah air belakangan ini. Menurutnya, ada pihak


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News