Mendagri Yakin Banget Pilkada 2018 Bakal Aman, Nih Alasannya...

Mendagri Yakin Banget Pilkada 2018 Bakal Aman, Nih Alasannya...
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo. FOTO: Dok. JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meyakini Pilkada Serentak 2018 bakal berlangsung aman dan lancar. Karena itu, Tjahjo meminta masyarakat tak perlu mengkhawatirkan pelaksanaan pilkada yang digelar bersamaan di 171 daerah itu.

Tjahjo mengaku punya alasan tersendiri sehingga meyakini Pilkada Serentak 2018 bakal berlangsung aman dan lancar. Rujukannya adalah Pilkada DKI Jakarta 2017 yang berlangsung panas, namun tetap aman dan tertib.

“Kami optimistis enggak ada masalah apa-apa. Toh Jakarta ini kan yang begitu dihebohkan juga hari H aman,” ujarnya di Jakarta, Jumat (28/7).

Meski demikian, Tjahjo tetap meminta daerah yang menggelar pilkada untuk melakukan antisipasi. Sebab, segala kemungkinan tetap mungkin terjadi.

Mantan sekretaris jenderal PDI Perjuangan itu menambahkan, pemerintah daerah yang menggelar pilkada perlu membangun sinergi dengan jajaran aparat keamanan dan tokoh masyarakat. “Kan kami nengingatkan tadi deteksi dini, sinergi,” imbuhnya.

Selain itu, Tjahjo juga menyinggung pentingnya upaya preventif. Salah satunya dengan menghimbau elite politik di daerah agar tidak memainkan isu suku, agama, ras dan antargolongan (SARA).

“Humas harus berikan info bahwa jangan ada kampanye isu SARA. Adu program,” pungkasnya.(far/JPK)


Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meyakini Pilkada Serentak 2018 bakal berlangsung aman dan lancar. Karena itu, Tjahjo meminta masyarakat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News