Mendengarkan Musik Baik untuk Kesehatan Otak

Mendengarkan Musik Baik untuk Kesehatan Otak
Ilustrasi pasangan yang menikmati musik bersama. Foto: YouTube

jpnn.com - Musik tak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari manusia. Tanpa musik, dunia mungkin akan sepi dan hampa. Selain bisa membangkitkan suasana hati, musik juga punya kekuatan untuk menenangkan seseorang. Bahkan, penelitian terbaru menemukan bahwa musik terkait dengan proses kognitif otak, terutama dalam hal pembelajaran.

Dalam sebuah studi baru yang dilansir Medical News Today, peneliti dari McGill University di Kanada mengungkapkan bahwa musik bisa mengaktifkan pusat penghargaan (reward center) otak. Hal ini berguna untuk otak, karena memberikan motivasi yang cukup bagi otak untuk mempelajari informasi baru.

Selain itu, musik juga memengaruhi kinerja fokus otak. Musik yang Anda sukai dapat membantu meningkatkan fokus, sementara musik yang tidak Anda suka akan menghalangi konsentrasi. Disebutkan juga bahwa musik merupakan alat yang berguna untuk meningkatkan konsentrasi karena bunyi yang ditimbulkannya tidak invasif dan menyenangkan.

Teresa Lesiuk, asisten profesor program terapi musik di University of Miami, menemukan bahwa partisipan yang mendengarkan musik yang mereka sukai dapat menyelesaikan pekerjaan lebih cepat.

“Selain itu, ide-ide mereka juga lebih cemerlang ketimbang orang yang tidak mendengarkan musik sambil bekerja, karena musik dapat meningkatkan suasana hati,” katanya, seperti dikutip dari The Conversation.

Lalu, jenis musik seperti apakah yang bisa meningkatkan fokus? Peneliti dari Rensselaer Polytechnic Institute menemukan bahwa mendengarkan elemen alam dapat membantu meningkatkan fokus Anda.

Menurut peneliti, suara alam dapat meningkatkan fungsi kognitif sehingga mengoptimalkan kemampuan untuk berkonsentrasi.(RS/RVS/klikdokter)


Ada juga jenis musik yang bisa meningkatkan fokus seseorang begitu mendengarkannya.


Redaktur & Reporter : Yessy

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News