Mendes Apresiasi Pemda Lewat Government Award 2019.

Mendes Apresiasi Pemda Lewat Government Award 2019.
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo menyerahkan penghargaan Goverment Award 2019 kepada bupati dan walikota di Jakarta. Foto : Humas Kemendes

jpnn.com, JAKARTA - Hasil pembangunan di desa terus bergeliat, hal tersebut tidak terlepas dari peran para kepala daerah dalam berinovasi membangun daerahnya.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo mengapresiasi seluruh kinerja yang dilakukan pemerintah daerah melalui penghargaan Government Award 2019.

"Kami mengapresiasi dengan penganugerahan penghargaan ini akan merangsang kepala daerah lain untuk memajukan daerahnya.

Selain itu, komitmen kebijakan pemerintahan Joko Widodo mengalokasikan APBN ke daerah lebih besar dari pada ke pusat," ujarnya saat menjadi pembicara dalam acara event Sindo Weekly Government Award 2019 di Hotel Borobudur Jakarta

Dia melanjutkan, dalam kurun waktu empat tahun pencairan dana desa dengan total Rp 257 triliun, akan terus dinaikan hingga Rp 400 triliun.

Dana desa pun telah mampu mengurangi kemiskinan di desa lebih besar dari penurunan kemiskinan di kota. Hal tersebut, menurutnya, tidak terlepas dari komitmen kepala daerah.

"Ekonomi perdesaan tumbuh 5.87 persen pada tahun 2018. Pendapatan per kapita warga desa meningkat sepanjang 2014-2017, rata-rata peningkatan warga desa 6,13% pertahun selama periode 2015-2017," ungkapnya.

Ke depannya, dalam rangka pertumbuhan ekonomi, konektivitas dari kabupaten dan provinsi ke akses tol, pelabuhan, bandara akan diperbaiki, menurutnya, peran dari kepala daerah sangat besar.

Dana desa telah mampu mengurangi kemiskinan di desa lebih besar dari penurunan kemiskinan di kota.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News