Mendes Fokuskan Dana Desa untuk Membangun Empat Hal Ini

Mendes Fokuskan Dana Desa untuk Membangun Empat Hal Ini
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Eko Putro Sandjojo mengatakan, pihaknya telah menetapkan empat program prioritas yang harus dilaksanakan perangkat desa dalam memanfaatkan dana desa 2017 yang jumlahnya mencapai Rp 60 triliun.

Yaitu, pendirian Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), menentukan produk unggulan kawasan pedesaan (Prukades), pembangunan embung desa, dan pembangunan sarana olah raga.

"Kami meyakini ke empat program prioritas tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat perdesaan, setelah pada 2016 lalu dana desa difokuskan pada pembangunan infrastruktur," ujar Eko pada diskusi Media Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) yang digelar Kementerian Komunikasi di Gedung Kemkominfo, Jakarta, Sabtu (19/8).

Menurutnya, untuk mengakomodir dan membina BUMDes di seluruh indonesia, pemerintah telah meluncurkan PT Mitra BUMDes Nusantara (MBN) yang merupakan hasil kerja sama antara Kementerian DPDTT dengan Kementerian BUMN melalui Bulog, BNI, BRI, Mandiri dan BTN.

"Dengan pembentukan holding BUMDes ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat desa," ucapnya.

Kemendes kata Eko, juga terus mendorong setiap desa fokus pada satu produk. Dengan demikian nantinya hasil tanaman yang ada mampu memiliki daya saing dan menjawab kebutuhan pasar.(gir/jpnn)‎


Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Eko Putro Sandjojo mengatakan, pihaknya telah menetapkan empat program prioritas


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News