Mendikbud Apresiasi Atas Prakarsa dan Peran Besar Jawa Pos

Mendikbud Apresiasi Atas Prakarsa dan Peran Besar Jawa Pos
Mendikbud Muhadjir Effendy saat melihat langsung praktik kerja lapangan siswa SMK Krian 1 Sidoarjo, Jawa Timur, di Kantor Redaksi Harian Jawa Pos, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (18/1). Foto: Humas Kemendikbud

jpnn.com, SURABAYA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy memberikan apresiasi kepada para pelaku dunia usaha media massa yang turut berperan dalam pengembangan pendidikan kejuruan.

“Saya sangat mendukung dan berikan apresiasi atas prakarsa Jawa Pos yang telah memberikan peluang yang sangat besar bagi SMK untuk belajar di sini. Saya sangat senang bisa melihat langsung yang dilakukan oleh salah satu SMK,” ujar Menteri Muhadjir yang melihat langsung praktik kerja lapangan siswa SMK Krian 1 Sidoarjo, Jawa Timur, di Kantor Redaksi Harian Jawa Pos, Surabaya, Jawa Timur, kemarin (18/1).

Praktik kerja lapangan ini, lanjutnya, sangat tepat dilakukan, dan merupakan pelaksanaan amanat dari Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK.

"Praktikum di lapangan minimum 60 persen, dan sekitar 40 persen saja pelajaran dilakukan di sekolah, oleh karena itu mohon pimpinan Jawa Pos untuk ikut terlibat merumuskan kurikulum SMK, terutama yang relevan terhadap tugas-tugas yang ada di media massa,” jelasnya.

Dalam pengembangan SMK, Muhadjir mengatakan, pemerintah betul-betul ingin menyiapkan tenaga kerja muda yang terampil dan bisa bersaing di dalam dunia kerja, sesuai dengan kebutuhan keterampilan abad 21.

“Semua anak SMK harus siap betul menghadapi perubahan. Oleh karena itu, harus terus belajar, terus cari pengalaman, jangan menunggu perintah, harus dengan kesadarannya sendiri untuk meningkatkan kemampuannya,” pesannya.(esy/jpnn)


Mendikbud sangat mendukung dan memberikan apresiasi atas prakarsa Jawa Pos yang telah memberikan peluang yang sangat besar bagi SMK untuk belajar di sini.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News