Mendikbud: Yang Terpenting Inner Motivation Guru

Mendikbud: Yang Terpenting Inner Motivation Guru
Muhadjir Effendy. Foto: Humas Kemendikbud/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 798 pengajar dan kependidikan dari 34 provinsi ikut pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Berprestasi dan Berdedikasi tingkat nasional tahun 2017.

Ajang ini juga diikuti 315 guru berprestasi dan berdedikasi, lima Guru Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN), 233 kepala sekolah berprestasi dan berdedikasi, 151 pengawas sekolah berprestasi dan berdedikasi.

"Selain itu, terdapat 27 tenaga laboran/laboratorium sekolah, 38 tenaga perpustakaan, serta 29 tenaga administrasi sekolah," kata Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Hamid Muhammad, Senin (14/8).

Hamid menyebutkan, kegiatan yang dilaksanakan pada 14-20 Agustus 2017 ini merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah terhadap pemberdayaan guru dan tenaga kependidikan yang telah memberikan prestasi serta dedikasinya terhadap dunia pendidikan.

Terdapat 39 kategori penghargaan untuk guru, kepala aekolah, pengawas, tenaga administrasi, dan tenaga laboratorium/laboran berprestasi serta berdedikasi dari 34 provinsi dan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN).

“Sebelum masuk pada tingkat nasional, seleksi GTK berprestasi dan berdedikasi dilaksanakan secara bertingkat. Mulai tingkat satuan pendidikan, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, sampai pada tingkat nasional,” ujar Hamid.

Sementara itu, Mendikbud Muhadjir Effendy berharap kegiatan ini bisa membangun rasa kebersamaan dan kebanggaan terhadap profesi, serta hubungan harmonis antara guru serta tenaga kependidikan. 

“Saya harap guru-guru bisa terus menambah wawasan, dan mengasah pengetahuan untuk meningkatkan profesionalisme. Yang terpenting adalah inner motivation guru itu sendiri,” tandasnya. (esy/jpnn)


Sebanyak 798 pengajar dan kependidikan dari 34 provinsi ikut pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Berprestasi dan Berdedikasi tingkat nasional


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News