Mengaku Bawa Gudeg, Ternyata Mau Selundupkan Satwa

Mengaku Bawa Gudeg, Ternyata Mau Selundupkan Satwa
Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - jpnn.com - Petugas keamanan Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta kembali menggagalkan upaya penyeludupan satwa ke luar negeri. Ada dua calon penumpang AirAsis tujuan Bangkok yang membawa puluhan satwa, Sabtu (7/1).

Kedua calon penumpang itu adalah VY dan YF, warga Magelang, Jawa tengah. Sebagaimana diberitakan Radar Jogja, kedua pelaku berencana menggunakan pesawat AirAsia QZ 7557 yang akan berangkat pukul 12.15 WIB. Sebelum menuju Bangkok, pesawat terlebih dahulu transit di Jakarta.

Keduanya diamankan setelah petugas aviation security yang bertugas di screening check point II Terminal B Adisutjipto. Petugas mencurigai sebuah pembungkus gudeg yang dibawa VY dan YF.

Kepada petugas, pelaku mengatakan bahwa bungkusan itu memang berisi gudeg. “Setelah dicek ternyata berisi satwa,” jelas General Manager Bandara Internasional Adisutjipto Agus Pandu Purnama.

Dari dalam bungkusan itu ternyata ada puluhan satwa. Antara lain biawak (20 ekor), kadal (10 ekor), kura-kura (20 ekor), kodok (10 ekor) dan ular (5 ekor).

Selanjutnya, pihak bandara kemudian menyerahkan satwa-satwa yang akan diselundupkan itu ke Balai Karantina Pertanian Kelas II Yogyakarta. Sedangkan pihak karantina telah melaporkannya ke Polda DIY.

Sementara Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Kapentak) Lanud Adisutjipto Mayor Sus Giyanto mengatakan, kasus penyelundupan satwa kerap kali terjadi di bandara yang dulu bernama Maguwo itu. Namun, upaya-upaya penyelundupan satwa sering kali bisa digagalkan.

“Kami dari satuan pengamanan dan intel pasti memonitor. Siapa pun pelakunya kami yakini akan tertangkap,” jelas perwira menengah TNI AU ini.(bhn/laz/ong/jpg/ara/jpnn)

Petugas keamanan Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta kembali menggagalkan upaya penyeludupan satwa ke luar negeri. Ada dua calon penumpang


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News