Mengenal Budaya Korea Lewat Kipas

Mengenal Budaya Korea Lewat Kipas
MENGANDUNG FILOSOFI: Seorang peserta sedang melukis diatas kipas dengan memberikan gambar bunga dan matahari yang merupakan unsur kepercayaan masyarakat Korea. Foto Radar Surabaya/JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Mengenali budaya negara lain menjadi suatu hal menarik, tak terkecuali budaya Korea Selatan yang banyak digemari remaja masa kini.

Salah satunya adalah kesenian melukis kipas, ada wawasan dan budaya dalam setiap goresannya.

Bekerja sama dengan King Sejong Institute (KSI) Surabaya, Desain Komunikasi Visual Universitas Kristen Petra (UK Petra) menggelar lomba Menghias Kipas Korea yang diikuti lebih dari 60 peserta.

Mr. Hong Jongyoun pengajar Bahasa Korea dari KSI menjelaskan, perlombaan digelar agar mahasiswa bisa mengenal budaya tradisional Korea Selatan sekaligus memperkaya pengalaman internasional.

Sebelum lomba dimulai, Hong Jongyoun memberikan gambaran latar belakang budaya kesenian Korea.

Pasalnya, latar belakang budaya Korea perlu dipahami terlebih dahulu agar peserta bisa memberikan hiasan yang mewakili atau sesuai dengan kipas Korea.

“Ciri khas kesenian Korea itu harus ada 5 warna Korea (obangsaek), 4 tanaman khas Korea, dan ship jangsaeng atau 10 simbol panjang umur,” urai Jongyoun seperti yang dilansir Radar Surabaya (Jawa Pos Group), Rabu (26/4).

Pemakaian simbol-simbol ini dianggap bisa membantu manusia untuk hidup sehat dan kuat karena adanya hubungan yang harmonis antara manusia dengan lingkungan.

Mengenali budaya negara lain menjadi suatu hal menarik, tak terkecuali budaya Korea Selatan yang banyak digemari remaja masa kini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News