Mengenal Kanker Darah, Penyakit yang Diderita Bu Ani Yudhoyono

Mengenal Kanker Darah, Penyakit yang Diderita Bu Ani Yudhoyono
Bu Ani Yudhoyono dan Pak SBY . Foto: dari Instagram aniyudhoyono

jpnn.com, JAKARTA - Kristiani Herawati atau yang biasa dipanggil Bu Ani Yudhoyono menderita kanker darah. Istri dari presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono itu kini harus melakoni perawatan di rumah sakit di Singapura.

Pak SBY membenarkan kondisi belahan hatinya tercinta. “Sejak 2 Februari 2019 lalu, Ibu Ani menjalani medical treatment di Singapura atas rekomendasi tim dokter kepresidenan Indonesia,” terang dia melalui keterangan resmi yang diterima Jawa Pos kemarin (13/2).

Menurut dia, Ani diketahui mengalami blood cancer atau kanker hati. Karena penyakitnya itu, tutur dia, istrinya harus menjalani pengobatan dan perawatan yang intensif di National Universtiy Hospital Singapura.

SBY meyakini, istrinya merupakan sosok yang kuat, tabah, dan tegar dalam menghadapi tantangan kehidupan. "Saya dan keluarga besar bersatu dalam semangat, keyakinan dan kekuatan ikhtiar untuk penyembuhan Bu Ani," tuturnya.

(Baca dong: SBY, AHY dan Ibas Tegar Bersama Bu Ani)

Terpisah, ahli ongkologi dan hematologi RSUD dr Soetomo Surabaya dr Made Putra Sedana SpPD KHOM mengungkapkan kanker darah atau leukemia bisa diderita oleh anak-anak sampai lanjut usia.

Prosentase antara perempuan dan laki-laki pun seimbang. ”Pengobatannya juga sama,” ucapnya. Made memang tidak membicarakan sakit yang diderita Ani. Namun dia mengomentari secara global kasus leukimia.

Jenis leukemia ada berbagai macam. Pada anak-anak sering kali yang dialami adalah jenis Acute Lymphoblastic Leukemia (ALL). Jenis ini merupakan kanker anak yang paling banyak terjadi. ALL terjadi ketika sel sumsum tulang memiliki masalah dalam DNAnya. Gejala yang kerap terjadi adalah kelenjar limfa membesar, memar, perdarahan dari gusi, dan sering infeksi.

Made memang tidak membicarakan secara khusus sakit yang diderita Bu Ani Yudhoyono. Namun, dia mengomentari secara global kasus kanker darah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News