Menggigil Bisa Membantu Membakar Lemak Tubuh?

Menggigil Bisa Membantu Membakar Lemak Tubuh?
Ilustrasi. Foto Healthy Care

jpnn.com - jpnn.com - Menggigil biasanya terkait dengan hormon yang diproduksi otot-otot tubuh, menurut penelitian dari National Institutes of Health, yang diterbitkan dalam jurnal Cell Metabolism.

Ketika tubuh gemetar akibat cuaca dingin, maka tubuh melepaskan irisin yang juga dikenal sebagai hormon latihan, yang merangsang jaringan lemak untuk menghasilkan panas, sehingga tubuh bisa mempertahankan suhu inti.

Irisin pertama kali ditemukan dua tahun lalu dan merupakan jenis hormon yang menyampaikan informasi bermanfaat bagi jaringan tubuh.

Peningkatan irisin membuat lemak putih tubuh menjadi lemak yang lebih aktif dan membantu tubuh membakar lebih banyak kalori. Hal ini juga bisa membuat tubuh lebih sensitif terhadap glukosa.

"Para peneliti ingin mengetahui apakah menggigil bisa menghasilkan efek yang sama pada irisin," kata penulis utama, Dr. Francesco S. Celi, seperti dilansir laman Today, Senin (6/2).

"Dari perspektif evolusi, menggigil adalah pilihan terakhir untuk mempertahankan suhu inti," jelas Celi.

Sepuluh relawan sehat dengan berat badan normal dan kesehatan yang baik berpartisipasi dalam tiga percobaan yang berbeda dirancang untuk mengukur tingkat irisin.

Pertama, peserta melakukan aerobik maksimal pada sepeda stasioner. Para peneliti kemudian mengukur pengeluaran energi mereka.

Menggigil biasanya terkait dengan hormon yang diproduksi otot-otot tubuh, menurut penelitian dari National Institutes of Health, yang diterbitkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News