Mengonsumsi Nutrisi Ini Dapat Membantu Ingatan Anda Tetap Tajam

Mengonsumsi Nutrisi Ini Dapat Membantu Ingatan Anda Tetap Tajam
Nutrisi yang dapat membantu ingatan tetap tajam. ILUSTRASI. Foto: Care2

jpnn.com, JAKARTA - Penurunan daya ingat sepertinya memang akan dialami oleh orang yang berusia lanjut. Pikun biasanya menjadi hal yang ditakutkan oleh kebanyakan orang.

Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan agar ingatan tetap tajam. Di antaranya adalah rajin membaca, menghafal sesuatu hingga bermain game yang menuntut otak untuk berpikir. Cara ini sebagai langkah untuk mengindari kepikunan.

Namun, ada juga cara lain yang biasanya digunakan untuk melatih otak agar tetap awet muda yakni melalui makanan, seperti dilansir laman Care2, Minggu (25/6).

1. Biji flavanol

Cokelat hitam adalah sumber fitonutrien otak yang disebut flavanols kakao. Dalam sebuah penelitian selama tiga bulan, para periset menemukan bahwa individu yang mengonsumsi makanan yang tinggi flavanol kakao menunjukkan dorongan di area otak yang terkait dengan kehilangan ingatan dan penuaan.

Bubuk kakao dibuat dengan cara fermentasi, pengeringan dan pemanggangan biji kakao.

Flavanol telah terbukti menurunkan tekanan darah, melawan kerusakan sel, mencegah pembekuan darah dan memperbaiki aliran darah ke otak.

Untuk mendapatkan keuntungan dari flavanols kakao, pilih coklat hitam (pilihan organik) dan nikmati sedikit (sekitar satu ons) beberapa kali dalam seminggu atau bahkan setiap hari.

Penurunan daya ingat sepertinya memang akan dialami oleh orang yang berusia lanjut. Pikun biasanya menjadi hal yang ditakutkan oleh kebanyakan orang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News