Menhub Dipanggil Presiden ke Istana, Begini Arahan soal Tiket Pesawat

Menhub Dipanggil Presiden ke Istana, Begini Arahan soal Tiket Pesawat
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto humas Perhubungan

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dipanggil Presiden Jokowi ke Istana, Kamis (9/5). Dalam pertemuan itu mereka membahas soal mudik Lebaran 2019.

Dikatakan Budi, presiden meminta supaya pelaksanaan mudik harus dipersiapkan dengan lebih baik lagi. Utamanya dari sisi aspek keselamatan dan memperhatikan usaha menengah, kecil dan mikro (UMKM) di sepanjang jalur mudik.

BACA JUGA: Anang Desak Pemerintah Buat Terobosan Turunkan Harga Tiket Pesawat

Bagaimana soal harga tiket pesawat yang mahal? "Tiket disuruh bahas bersama Pak Menko hari Senin. Itu range di situ (turun 15 persen), difinalkan hari Senin," ucap Budi, di Istana Kepresidenn Jakarta, Kamis (9/5).

Mantan Direktur Utama Angkasa Pura II (Persero) ini memerinci sejumlah dasar penurunan tarif yang kemungkinan akan diputuskan tersebut. Pertama, mencari harga pokok atau HPP yang didasarkan dengan on time performance.

"Kedua dari avtur, dolar, terus didasarkan dengan load factor. Didasarkan itu ditemukan setelah satu angka harga pokok rata-rata. Dengan dasar itu berarti kita masih ada ruang untuk bisa menurunkan batas atas," tuturnya.

BACA JUGA: Tiket Pesawat Mahal, Mudik Lewat Jalur Laut Jadi Pilihan Pemudik

"Ini akan dikomunikasikan dengan maskapai, tapi bukan minta persetujuan. Melainkan apakah ada keberatan dari asosiasi maskapai terhadap penurunan tarif batas atas," kata Budi. (fat/jpnn)


Budi menyatakan telah memerinci sejumlah dasar penurunan tarif tiket pesawat yang akan diputuskan segera.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News