Menhub: Potensi Indonesia Melalui Konektivitas Tol Laut dan Udara

Menhub: Potensi Indonesia Melalui Konektivitas Tol Laut dan Udara
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau tol laut. Foto dok Humas Kemenhub

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, kekuatan serta potensi yang dimiliki Indonesia adalah melalui konektivitas tol laut dan udara.

Hal ini disampaikan Budi saat memberikan ceramah umum tentang Indonesia Economics and Development Update beberapa hari lalu.

"Beberapa inisiatif yang memberikan suatu makna yaitu tol laut dan udara memberikan manfaat di mana mengurangi disparitas harga yang terjadi di Barat sampai ke Timur Indonesia," tutur Budi.

Tol laut sambung Budi, diselenggarakan untuk menjamin ketersediaan barang dan mengurangi disparitas harga bagi masyarakat.

"Ini untuk menjamin kelangsungan pelayanan penyelenggaraan angkutan barang ke daerah tertinggal, terpencil, terluar dan perbatasan," jelas Budi.

Budi juga menjelaskan tol laut berintegrasi dengan program Rumah Kita untuk mempermudah koordinasi dengan Pemda serta stakeholders terkait dengan kebutuhan barang dan pendistribusian barang di wilayah sekitar lokasi Rumah Kita yang terbagi menjadi enam lokasi.

Di samping itu, tol laut juga berintegrasi dengan angkutan udara perintis barang (Jembatan Udara), di mana petikemas setelah tiba di pelabuhan akan diangkut melalui jalur darat menuju bandara untuk diangkut menuju lokasi sesuai dengan jalur tol udara.

"Karena itu kami mencoba membuat suatu pengelolaan di laut antara Jalur Jakarta-Surabaya dengan menggunakan kapal ro-ro yang bisa mengangkut penumpang dan kontainer," tandas Budi.(chi/jpnn)


Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, kekuatan serta potensi yang dimiliki Indonesia adalah melalui konektivitas tol laut dan udara.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News