Menhub: Saya Gambarkan Jarak Tempuh Jakarta ke Surabaya Lebih Ekonomis

Menhub: Saya Gambarkan Jarak Tempuh Jakarta ke Surabaya Lebih Ekonomis
Kapal Roro. Foto: batampos/jpg

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah mencoba membuat pengelolaan di laut antara Jalur Jakarta-Surabaya dengan menggunakan kapal Ro-Ro yang bisa mengangkut penumpang dan kontainer.

"Kapal Ro-Ro menjadi suatu keunggulan dan diharapkan bisa membantu masalah yang ada di darat, yaitu mengurangi tekanan jalan dan membantu mengangkut logistik dari dan ke Jakarta," ujar Budi dalam siaran persnya, Minggu (23/7).

Manfaat lainnya kapal Ro-Ro bisa mempersingkat waktu tempuh pendistribusian logistik serta biaya pengiriman lebih murah.

"Di sini saya gambarkan jarak tempuh Jakarta ke Surabaya lebih aman dan ekonomis dan juga dari Surabaya menuju Lembar atau dari Jakarta menuju Panjang juga waktu yang dibutuhkan relatif pendek, sementara dengan darat membutuhkan waktu yang lebih panjang, menimbulkan kemacetan dan beban jalan," terang Budi.

Ke depan, Budi mengajak peran anggota Himpuni untuk turut serta mensukseskan program Kemenhub.

Sektor transportasi memberikan kontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional dan daya saing infrastruktur transportasi Indonesia.

"Karena itu Kemenhub siap untuk bekerjasama dengan Himpuni karena pekerjaan ini merupakan pekerjaan kita bersama," tandas Budi.(chi/jpnn)


Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah mencoba membuat pengelolaan di laut antara Jalur Jakarta-Surabaya dengan menggunakan kapal Ro-Ro yang bisa


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News