Menkes Endang Terjangkit Kanker Paru-Paru

Menkes Endang Terjangkit Kanker Paru-Paru
Menkes Endang Terjangkit Kanker Paru-Paru
JAKARTA - Penyakit memang bisa menyerang siapa saja tak terkecuali Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih. Kabar terbaru menyebutkan, pemegang otoritas tertinggi di Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tersebut terjangkit kanker paru-paru. Beruntung penyakit itu terdeteksi sejak dini sehingga tidak sampai mengganggu aktivitas Endang di Kabinet Indonesia Bersatu (KIB).

"Baru beberapa bulan lalu ketahuannya. Waktu general check up seleksi menteri 2009 lalu kemungkinan belum ada. Stadium berapa saya tidak tahu pasti, tapi yang pasti sudah bisa dikendalikan" kata Staf Khusus Menkes Bidang Politik dan Kebijakan Kesehatan, Bambang Sulistomo, ketika dihubungi di Jakarta tadi malam (16/1).

Putra pahlawan nasional Bung Tomo itu mengatakan bahwa penyakit Endang sudah bisa dikendalikan. Saat ini, Menkes sedang rutin berolahraga untuk terus menjaga kondisi agar selalu dalam keadaan bugar dan fit. Ketika pertama kali mengetahui bahwa dirinya terjangkit kanker paru-paru Menkes tampak tenang-tenang saja. Bahkan, tidak ada aktifitas Endang yang terganggu dengan kondisi itu."Bu Menkes biasa saja kok malah senyum-senyum waktu ada diagnosa itu," kata dia.

Beruntung, kata Bambang, Menkes sangat hobi berenang jadi kondisi tubuh beliau memang selalu ada di peak performance. Diagnosa bahwa Endang menderita kanker paru-paru baru diketahui setelah check up klinis sekitar Oktober 2010 silam. Kabar itu, kata Bambang, sempat mengejutkan sejumlah kalangan di kantor Kemenkes karena tidak ada gejala apapun ketika Endang melakukan kunjungan kerja maupun ketika beraktifitas di Jakarta. Apalagi, Endang dikenal disiplin menerapkan gaya hidup sehat, seperti rajin olahraga dan tidak merokok. "Saya yang selalu menemani Bu Menkes kaget karena benar-benar tidak dada gejala apapun," ujar dia.

 

JAKARTA - Penyakit memang bisa menyerang siapa saja tak terkecuali Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih. Kabar terbaru menyebutkan, pemegang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News