Menkeu Tinjau Nasabah LPEI di Manokwari

Menkeu Tinjau Nasabah LPEI di Manokwari
Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, MANOKWARI - Menteri Keuangan RI Sri Mulyani meninjau salah satu nasabah Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) dengan skema pembiayaan syariah berupa jaminan fasilitas, yaitu PT MedcoPapua Hijau Selaras (MPHS) yang berlokasi di Manokwari, Papua Barat.

Adapun kunjungan kerja Menteri Keuangan RI ini juga dilakukan untuk melihat bagaimana SMV telah
mampu memberikan dampak sosial ekonomi tak hanya kepada bangsa dan negara, namun pada lingkup wilayah dan daerah sekitar.

Jaminan fasilitas ini tidak hanya diberikan untuk refinancing perkebunan kelapa sawit, namun juga pengembangan petani plasma PT MPHS.

Untuk pengembangan petani plasma, LPEI memberikan jaminan fasilitas sebesar Rp 150 miliar untuk kebun plasma PT MPHS dalam meningkatkan kualitas hasil dan pengolahan perkebunan kelapa sawit.

PT MPHS merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan dan pengolahan kelapa sawit yang telah banyak membantu pemasok bagi eksportir utama untuk melakukan ekspor kelapa sawit ke berbagai negara.

Dalam mendukung hal tersebut, PT MPHS telah membangun kebun plasma seluas 2.684,65 Ha dari total lahan plasma yang tersedia seluas 2.909,7 Ha hingga Agustus 2016.

Aspek lingkungan yang menjadi krusial dalam industri kelapa sawit juga tidak luput dari perhatian.

“LPEI berkomitmen untuk mendukung PT MedcoPapua meningkatkan kapasitas produksi dan mampu
melakukan ekspor secara langsung, sehingga secara langsung pula memberikan kontribusi nyata terhadap perekonomian Indonesia," ujar Direktur Eksekutif LPEI, Sinthya Roesly.

Kunjungan ini untuk melihat bagaimana SMV mampu memberikan dampak sosial ekonomi tak hanya kepada bangsa & negara, namun pada lingkup wilayah & daerah sekitar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News