Menko Darmin Resmi Luncurkan Online Single Submission

Menko Darmin Resmi Luncurkan Online Single Submission
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution. Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN

jpnn.com, BATAM - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution resmi meluncurkan Online Single Submission (OSS), di Jakarta, pada Senin (9/7).

Meski tujuan OSS adalah mempercepat perizinan berusaha, namun pengusaha di Batam menuntut agar sosialisasi segera dilakukan.

Karena mereka menganggap ada sejumlah perbedaan yang cukup signifikan antara rencana OSS sebelumnya dan saat setelah diluncurkan.

"OSS harus disimulasikan. Ada perbedaan signifikan. Ini berbeda dengan apa yang sudah dilakukan sebelumnya," kata Wakil Ketua Koordinator Himpunan Kawasan Industri (HKI) Kepri Tjaw Hoeing atau biasa disapa Ayung di Gedung BP Batam, Senin (9/7).

Perbedaannya ada saat permulaan mengurus perizinan. Sebelumnya, investor harus datang dulu ke Mall Pelayanan Publik (MPP) untuk mengurus pendaftaran. Kemudian baru mengurus akte pendirian perusahaan.

"Sekarang investor harus mengurus akte pendirian perusahaan ke notaris terlebih dahulu. Baru kemudian daftar ke MPP dan masuk OSS," katanya.

Makanya dia menilai perubahan ini cukup signifikan. Memang tujuan OSS adalah mempercepat perizinan berusaha."Namun permasalahannya adalah investor bisa bingung. Kalau bisa secepatnya tolong disosialisasikan biar ada kepastian," ucapnya.

Di tempat yang sama, Kepala PTSP BP Batam Ady Soegiharto mengatakan pihaknya akan segera menggelar sosialisasi.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution resmi meluncurkan Online Single Submission (OSS), di Jakarta, pada Senin (9/7).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News