Menko PMK Ajak Semua Kementerian Sukseskan Asian Games

Menko PMK Ajak Semua Kementerian Sukseskan Asian Games
Menko PMK Puan Maharani (tiga kiri) memimpin rakor setingkat menteri terkait persiapan Asian Games 2018. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com -Pemerintah terus menggenjot persiapan pelaksanaan Asian Games yang akan digelar pada 18 Agustus hingga 2 September 2018, di Jakarta dan Palembang, serta sejumlah wilayah pendukung di Banten dan Jawa Barat.

Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan, Asian Games 2018 adalah hajatan besar bangsa Indonesia, sehingga semua kementerian/lembaga berkomitmen untuk ikut menyukseskannya.

"Selain menggenjot pembangunan infrastruktur sebagai tempat venue mengelar kejuaraan, kami juga melakukan berbagai persiapan untuk meraih prestasi," ujar Puan, usai memimpin rapat koordinasi (rakor) tingkat menteri Progress Penyelenggaraan Asian Games XVIII Tahun 2018 di Jakarta, Senin (20/2).

Rakor dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Mensos Khofifah Indarparawansa, Gubernur Sumsel Alex Noordin, Kepala Bekraf Triawan Munaf, Ketua KONI Tono Suratman, dan Wakil Ketua KOI Mudai Madang.

Mbak Puan menjelaskan rakor ini fokus pada laporan perkembangan dan berbagai langkah yang perlu ditindaklanjuti secara efektif terhadap tiga persiapan utama.

“Rakor membahas antara lain: perkembangan pembangunan infrastruktur yang menjadi tanggung jawab Kementerian PUPERA, Pemprov DKI Jakarta serta Pemprov Sumatera Selatan lalu perkembangan penyiapan atlet yang menjadi domain Kemenpora dan Satlak Prima, serta perkembangan penanganan penyelenggaraan yang menjadi tugas Komite Olahraga Indonesia (KOI),” papar Puan.

Menko PMK yang memimpin jalannya rakor menjelaskan bahwa penyelenggaraan Asian Games 2018 tinggal 17 bulan lagi. “Diperlukan kesamaan tekad dan berbagai persiapan harus disempurnakan agar pelaksanaan Asian Games 2018 mencapai sukses persiapan, sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi,” tegasnya.

Dia menjelaskan, secara umum persiapan pembangunan infrastruktur yang meliputi wisma atlet dan venue pertandingan telah sesuai dengan target yang direncanakan. Sementara, untuk persiapan atlet juga telah berada pada tahapan pembangunan kapasitas atlet yang akan diuji melalui berbagai even kejuaraan.

Pemerintah terus menggenjot persiapan pelaksanaan Asian Games yang akan digelar pada 18 Agustus hingga 2 September 2018, di Jakarta dan Palembang,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News