Menkominfo Ingin Data Center Alibaba Picu Pertumbuhan UMKM

Menkominfo Ingin Data Center Alibaba Picu Pertumbuhan UMKM
Menkominfo Rudiantara saat peresmian data Center Alibaba di Jakarta (Foto: Kemkominfo)

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara berharap telah beroperasinya pusat data (datacenter) pertama milik Alibaba di Indonesia, bisa membantu kecepatan akses data dan memenuhi kewajiban menyimpan serta mengolah data dalam negeri.

Terutama, tegas Rudiantara, bisa membantu pertumbuhan bisnis pengusaha kecil melalui industri digital.

“Keberadaan data center ini bisa ikut membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan startup di Indonesia untuk mempercepat pertumbuhan bisnis,” ungkapnya optimistis.

Apalagi, Indonesia merupakan pasar luas bagi industri digital dan akan makin berkembang cepat dengan keberadaan layanan pusat data berbasis cloud.

"Saya menyambut baik Alibaba Cloud yang menjadikan Alibaba pemimpin baru dalam pusat data di Indonesia," katanya saat peresmian Data Center Alibaba Cloud, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menteri Kominfo menyatakan, Indonesia sangat terbuka dengan kehadiran perusahaan komputasi awan dari luar negeri yang ingin mengoperasikan data center di Indonesia. Tentunya dengan mematuhi aturan yang berlaku serta melibatkan talenta-talenta lokal.

Harapan Menteri Kominfo disambut oleh Alibaba Cloud dengan komitmen melibatkan sumberdaya manusia Indonesia. “Sehingga bisa membantu memberikan layanan dalam bahasa Indonesia dan menyesuaikan produk dan layanan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia,” kata General Manager Alibaba Cloud untuk Asia Pasifik, Alex Li.

Alex menyebut Alibaba Cloud memiliki posisi unik dalam pemahaman budaya dan konteks wilayah. "Sebagai satu-satunya penyedia layanan cloud global yang berasal dari Asia, Alibaba Cloud memiliki pemahaman budaya dan konteks wilayah, sehingga dapat menyediakan solusi data intelligence dan kemampuan komputerisasi inovatif bagi semua pelanggan di wilayah ini," tambahnya. (mg8/jpnn)


Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara berharap telah beroperasinya data center Alibaba di Indonesia dorong pertumbuhan bisnis pengusaha kecil menengah.


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News