Menkominfo Optimistis Infrastruktur Telekomunikasi Desa Makin Canggih

Menkominfo Optimistis Infrastruktur Telekomunikasi Desa Makin Canggih
Menkominfo Rudiantara. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan pihaknya sudah mempersiapkan langkah-langkah strategis untuk mempermudah komunikasi dan informasi dari kabupaten ke pemerintah pusat.

Rudiantara optimistis bisa membangun jaringan yang baik melalui infrastruktur komunikasi yang canggih. Dia mengatakan, infrastruktur di bidang telekomunikasi juga menjadi pencapaian pemerintah yang perlu dukungan masyarakat luas.

"Pencapaian akses infrastruktur telekomunikasi seperti jaringan 4G itu sudah lebih dari 80 persen hadir di setiap kabupaten di Indonesia," ujar menteri kelahiran Bogor berusia 59 tahun itu dalam keterangan pers, Kamis (14/3).

"Namun, enggak semua kabupaten dipasang. Ada kabupaten yang wilayahnya hutan, jadi tidak dipasang,” imbuhnya.

Dia menambahkan bahwa infrastruktur telekomunikasi untuk desa juga menjadi perhatian serius pemerintah. “Untuk desa, data tahun kemarin itu sudah mencapai 75 persen,” katanya.

Rudiantara menegaskan, pemerintah berkomitmen menyediakan infrastruktur telekomunikasi dengan membangun satelit sendiri milik Indonesia. Komitmen tersebut berdasar pada mimpi besar bahwa Indonesia harus menjadi bangsa yang kuat dan mampu bertarung di kancah internasional. 

“Ke depan tidak ada lagi pendidikan yang tertinggal karena tidak terhubung dengan internet. Tidak ada lagi puskesmas yang tidak terhubung dengan internet, sehingga kecepatan pelayanan kesehatan bisa maksimal,” pungkasnya. (*/adk/jpnn)


Rudiantara mengatakan, infrastruktur di bidang telekomunikasi juga menjadi pencapaian pemerintah yang perlu dukungan masyarakat luas.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News