Menkop dan UKM Dukung Kenaikan TDL

Menkop dan UKM Dukung Kenaikan TDL
Menkop dan UKM Dukung Kenaikan TDL
JAKARTA - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop dan UKM), Syarief Hasan mengaku kenaikan tarif dasar listrik (TDL) ikut berdampak pada sektor UKM. Setidaknya kenaikan tarif tersebut mempengaruhi sektor UKM sebesar 5 persen.

"Menurut data dari kami dampak kenaikan TDL terhadap para pelaku usaha UKM itu tidak lebih dari 5 persen," ujar Syarief dalam pemaparan laporan akhir tahun di kantor Kemenkop dan UKM, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan (Rabu, 2/1).

Kenaikan tersebut bisa dimaklumi Syarief sebagai kebijakan kenaikan tarif dasar listrik. Meski berdampak pada sektor UKM, tapi Syarief mengaku kenaikan TDL ini terpaksa harus dilakukan pemerintah demi mengurangi beban APBN. Untuk itu, dia mendorong para pelaku usaha sektor UKM agar meningkatkan produktifitas sebagai solusi untuk mengurangi dampak dari kenaikan tersebut.

"Kita tahu bahwa memang itu akan berdampak (pada UKM), tapi untuk mengurangi beban UKM karena TDL naik adalah memikirkan bagaimana cara meningkatkan produktifitas para pelaku usaha koperasi dan UKM, sehingga secara kumulatif tidak terlalu memberikan dampak," pungkas anggota Dewan Pembina Partai Demokrat ini.

JAKARTA - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop dan UKM), Syarief Hasan mengaku kenaikan tarif dasar listrik (TDL) ikut berdampak pada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News