MenPAN-RB: Mal Pelayanan Publik Jangan Malah Persulit Warga

MenPAN-RB: Mal Pelayanan Publik Jangan Malah Persulit Warga
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur. Foto for JPNN.com

jpnn.com, KARANGASEM - Satu lagi Mal Pelayanan Publik (MPP) diresmikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur. Kali ini MPP di Kabupaten Karangasem, Bali yang diresmikan Jumat (22/6).

Peresmian MPP Kabupaten Karangasem ini menjadi hadiah ulang tahun bagi masyarakat Karangasem, karena dilakukan bertepatan dengan Hari Jadi ke-378 Kota Amlapura.

Kehadiran MPP kedua di Pulau Dewata ini menambah jumlah fasilitas pelayanan publik terintegrasi di tanah air.

"Konsep mal ditawarkan sebagai solusi dari pelayanan terpadu yang saat ini belum terintegrasi antara pelayanan pusat dan daerah sekaligus pelayanan bisnis dalam satu tempat," ujar Menteri Asman Abnur.

Sebagaimana konsep mal, masyarakat cukup datang ke satu tempat untuk memenuhi semua keperluan. Bahkan ada sejumlah MPP yang menghadirkan pelayanan BUMN/D serta sektor swasta.

MPP di kabupaten paling timur Provinsi Bali ini memiliki 166 jenis layanan, yang terdiri dari 135 layanan dari OPD Kabupaten Karangasem dan 31 layanan dari Kementerian/Lembaga. Pelayanan yang tersedia antara lain pelayanan kependudukan, SKCK, PDAM, BPJS, dan lainnya.

Hingga 2018, telah terbentuk enam MPP di Indonesia, yaitu Provinsi DKI Jakarta, Kota Surabaya, Kabupaten Banyuwangi, Kota Denpasar, Kota Bekasi, dan Kota Tomohon. Kini, menunggu waktu peresmian MPP Kota Batam.

Banyaknya daerah yang membangun MPP menunjukkan semangat pemerintah provinsi, kabupaten dan kota di Indonesia untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di daerahnya masing-masing.

Menpan-Rb Asman Abnur berharap Mal Pelayanan Publik yang baru diresmikan di Karangasem, Bali, tidak malah mempersulit layanan pada warga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News