MenPAN & RB: Reformasi Birokrasi Singapura Layak Dicontoh

MenPAN & RB: Reformasi Birokrasi Singapura Layak Dicontoh
MenPAN & RB: Reformasi Birokrasi Singapura Layak Dicontoh
JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN & RB) Azwar Abubakar mengatakan bahwa reformasi birokrasi yang dilaksanakan Pemerintah Singapura bisa dijadikan contoh pelaksanaan reformasi di daerah. Menurut Azwar Abubakar, Singapura merupakan negara yang birokrasinya sangat inovatif, hadir dengan semangat melayani dan berinisiatif tinggi.

"Singapura bisa melakukan efisiensi atas sumberdaya, peningkatan gaji atau bonus berbasis kinerja. Jadi daerah-daerah, apalagi yang dekat dengan Singapura seperti Batam bisa mengambil contoh sistem reformasi birokrasinya," kata Azwar di Jakarta, Jumat (5/10).

Kelebihan sistem birokrasi Singapura, lanjutnya, sangat berorientasi pada kepuasan pelanggan. Di samping terus menerus melakukan pembaruan terhadap cara dan hasil kerja.

"Tanggal 1-3 Oktober kemarin, kami telah melakukan workshop reformasi birokrasi dan Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) online tingkat pemda di Batam. Yang ikut seluruh pemda di wilayah barat Indonesia dan mereka sangat antusias," ujarnya.

JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN & RB) Azwar Abubakar mengatakan bahwa reformasi birokrasi yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News