Menperin Puji Program Sampoerna Retail Community

Menperin Puji Program Sampoerna Retail Community
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. Foto dok humas

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto memuji program pemberdayaan usaha kecil menengah (UKM) sektor ritel, Sampoerna Retail Community (SRC), yang dilakukan oleh PT HM Sampoerna Tbk sejak 2008. 

Setelah berjalan 11 tahun, jaringan SRC telah menjangkau 105 ribu peritel tradisional di 34 provinsi di Indonesia.

"Sampoerna Retail Community (SRC) sebagai wadah UKM ritel merupakan salah satu contoh program pemberdayaan UKM khususnya peretail tradisional di tingkat nasional yang berhasil," ujar Airlangga di sela-sela HUT ke-11 SRC di Jakarta. 

Pada acara tersebut, jaringan peritel ini juga meluncurkan identitas baru, aplikasi AYO SRC dan Pojok Lokal.

Aplikasi AYO SRC merupakan terobosan inovatif untuk memudahkan akses para anggota SRC untuk saling berbagi ilmu bisnis, mendapat informasi mengenai pembinaan UKM Sampoerna, dan memudahkan proses pengelolaan toko.

Peluncuran aplikasi ini juga turut mendukung proses literasi dan infrastruktur berbasis digital pada pengembangan bisnis dan penciptaan peluang.

Sementara itu, Pojok Lokal merupakan salah satu bentuk nyata dukungan SRC terhadap UKM lokal. Seluruh anggota SRC menerapkan pendekatan usaha demi mendorong ekonomi masyarakat dengan mempromosikan produk UKM lokal di daerah setempat melalui Pojok Lokal. 

SRC mengajak masyarakat sekitar untuk berbelanja di toko kelontong yang lebih dekat dari rumah mereka sebagai salah satu upaya mendorong ekonomi kerakyatan di daerah melalui slogan Berbelanja Dekat Rumah.

Saya menyampaikan apresiasi kepada Sampoerna atas kemitraan antara Industri besar dan UKM yang telah terjalin dengan baik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News