Menpora: Pancasila Rumah Bersama dari Keberagaman, Harus Dirawat

Menpora: Pancasila Rumah Bersama dari Keberagaman, Harus Dirawat
Menpora Imam Nahrawi dan para Menteri Kabinet Kerja serta pejabat negara lainnya mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, di Halaman Gedung Pancasila, Kemenlu, Sabtu (1/6) pagi. Foto: satria/kemenpora

jpnn.com, JAKARTA - Menpora Imam Nahrawi dan para menteri Kabinet Kerja serta pejabat negara lainnya mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, di Halaman Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jl Taman Pejambon No 6, Jakarta Pusat, Sabtu (1/6) pagi.

Upacara yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo didampingi Wapres Jusuf Kalla kali ini merupakan yang ketiga secara kenegaraan, setelah ditetapkan 1 Juni merupakan Harlah Pancasila berdasarkan Kepres No 24/2016.

Menpora menekankan kepada seluruh anak bangsa khususnya para generasi muda, bahwa 1 Juni 1945, di mana pertama kali kata Pancasila yang digagas oleh pemuda Soekarno kala itu, disampaikan dalam Sidang BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) merupakan fakta sejarah yang tidak bisa dilupakan.

Baca: Kasus Ayah dan Anak Ditemukan Tewas di Atas Kasur Terungkap, Pelaku Ternyata Tetangga Sendiri

Lahirnya Pancasila adalah sebuah gambaran nyata pentingnya sebuah ideologi dasar yang mampu merekatkan bangsa Indonesia yang serba multi dimensional dalam banyak hal.

"Hari Kelahiran Pancasila mengingatkan kita semua tentang keniscayaan bangsa ini, yakni keberagaman," kata Menpora.

Sejak kelahirannya hingga kini dan yang akan datang, Pancasila merupakan rumah besar di mana tinggal keluarga bernama Indonesia yang penuh aneka ragam, dari etnis atau suku bangsa, bahasa daerah, adat-istiadat dan budaya, namun dengannya semua menjadi teduh, nyaman, aman, damai, dan sejahtera.

Suasana harmoni akan tetap terjaga terus bilamana seluruh penghuninya terus mengedepankan kebersamaan. "Pancasila adalah rumah bersama dari keberagaman, yang sepenuh jiwa dan raga harus kita rawat bersama, Kita Indonesia Kita Pancasila, Salam Pancasila,” tutupnya. (jpg/jpnn)


Menpora Imam Nahrawi dan para menteri Kabinet Kerja serta pejabat negara lainnya mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, di Halaman Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jl Taman Pejambon No 6, Jakarta Pusat, Sabtu (1/6) pagi.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News