Menristekdikti Ingin Ada Politeknik Pariwisata di Manggarai

Menristekdikti Ingin Ada Politeknik Pariwisata di Manggarai
Menristekdikti Mohamad Nasir. Foto: Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menristekdikti Mohamad Nasir mengatakan potensi wisata kawasan Labuan Bajo tidak kalah dengan Pulau Dewata Bali. Namun, perlu adanya optimalisasi sumber daya pariwisata yang mendukung, baik dari sarana dan prasarana, serta SDM-nya.

Oleh karena itu, pemerintah melalui Kemenristekdikti mendorong berdirinya Politeknik di Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menteri Nasir mengatakan untuk mewujudkan kawasan Labuan Bajo menjadi The New Bali butuh sinergi lintas kementerian. Penyiapan infrastruktur dan SDM bisa berjalan selaras dan beriringan.

"Saya sudah sampaikan kepada Menteri Pariwisata bagaimana kita berkolaborasi karena kalau tidak akan susah mendorong. Infrastrukturnya harus kami siapkan, sumber daya harus kami siapkan mudah-mudahan sukses," ujar Menteri Nasir saat menyerahkan SK Prodi Akuntansi Perpajakan Politeknik El Bajo Commodus, Minggu (26/5).

BACA JUGA: PPDB 2019: Jarak Rumah ke Sekolah Lebih Dekat, kok Tidak Diterima?

Dia mengatakan, keberadaan Politeknik pariwisata seperti El Bajo Commodus amat penting. Kebutuhan tenaga kerja pariwisata yang cakap, terampil dan profesional bisa terpenuhi dari para lulusannya. Sehingga tercipta link and match antara politeknik dan industri pariwisata di sana.

"Saat saya berkunjung di tahun 2017 itu saya ingin mengecek lokasi diperintahkan Bapak Presiden Jokowi yaitu mengembangkan The New Bali, di antaranya Labuan Bajo dan Wakatobi. Mengapa politeknik pilihannya, dan bukan Universitas ? Jawabannya adalah karena Politeknik bisa menyiapkan tenaga kerja profesional, dan ini yang akan dibutuhkan dalam waktu yang singkat ini," ujar Menteri Nasir.

Dia menekankan pentingnya peningkatan kualitas SDM Indonesia demi membangun ekonomi Indonesia makin baik dan sejahtera. Nasir meminta pemerintah Kabupaten Manggarai dan Gereja Katolik Keuskupan Ruteng untuk memberikan perhatian yang serius dalam kemajuan dunia pendidikan di daerah itu ke depan.

Pemerintah melalui Kemenristekdikti mendorong berdirinya Politeknik di Manggarai, Nusa Tenggara Timur alias NTT.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News