Mentan Amran Bertekad Wujudkan Kemandirian Pakan

Mentan Amran Bertekad Wujudkan Kemandirian Pakan
Peresmian Unit Perbanyakan Bibit Sumber (UPBS) di Balai Penelitian Ternak, Ciawi, Bogor. Foto : Humas Kementan

jpnn.com, BOGOR - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran mendorong Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) untuk menciptakan teknologi dan inovasi agar kemandirian pakan bisa terwujud khususnya pakan ayam kampung atau petelur.

Menurut Amran, hal ini penting guna mendukung Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (BEKERJA) yang sudah berjalan, sehingga kebutuhan pakan ayam petelur yang telah dibagi ke masyarakat dapat dipenuhi secara mandiri oleh masyarakat.

“Intinya sekarang kita sudah bagi ayam ke masyarakat dan ayamnya sudah bertelur. Kita akan melakukan pendampingan dan memberikan pakan gratis sampai 6 bulan. Sekarang kita sudah melakukan pendampingan untuk membuat pakan secara mandiri, supaya masyarakat bisa membuat sendiri pakannya. Itu target kita, sehingga nanti tidak ada ketergantungan dari pemerintah kemudian ketergantungan dari luar negeri apalagi barang-barang impor,” kata Mentan Amran di sela-sela acara peresmian Unit Perbanyakan Bibit Sumber (UPBS) di Balai Penelitian Ternak, Ciawi, Bogor, Rabu (15/5).

BACA JUGA : Ibu Kota Negara Lebih Pas Dipindah ke Yogyakarta

UPBS merupakan unit pembibitan ayam kampung untuk memperbanyak bibit ayam kampung unggul yang dikembangkan hingga ke masyarakat.

Melalui UPBS ini pun, Kementan akan mencetak masyarakat yang bisa mandiri dalam memenuhi kebutuhan pakan ternaknya.

BACA JUGA : 2 Kali Pilpres Prabowo Tolak Hasil Rekapitulasi KPU, Seharusnya Malu pada Rakyat

Oleh karena itu, Amran menekankan Kementan sangat serius menjadikan masyarakat untuk benar-benar mandiri dan bisa menghasilkan semuanya dari sumberdaya yang dimiliki sendiri.

Melalui UPBS Kementan akan mencetak masyarakat yang bisa mandiri dalam memenuhi kebutuhan pakan ternaknya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News