Mentan Amran: Pertanian Modern Harus Dapat Menaikkan Pendapatan Petani

Mentan Amran: Pertanian Modern Harus Dapat Menaikkan Pendapatan Petani
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat melakukan kunjungan kerja ke Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan), Serpong, Banten pada Selasa (14/5). Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Pertanian tak mungkin bisa mencukupi kebutuhan penduduk yang terus bertambah tanpa teknologi. Kementerian Pertanian (Kementan) berinisiatif menggenjot produktivitas pertanian untuk menjawab tantangan revolusi industri 4.0.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat melakukan kunjungan kerja ke Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan), Serpong, Banten pada Selasa (14/5).

BACA JUGA: Bea Cukai Jateng dan DIY Terbitkan Izin Kawasan Berikat kepada Dua Pengguna Jasa

Amran mengatakan dunia saat ini telah memasuki era revolusi industri yang ke-empat atau disebut juga Industri 4.0, ditandai dengan penggunaan mesin-mesin otomasi yang terintegrasi dengan jaringan internet. Sektor pertanian juga perlu beradaptasi untuk menjawab tantangan ke depan.

“Ke depan olah lahan, tanam, panen hingga pengolahan dilakukan menggunakan remote control dari rumah,” ujar Mentan.

Mekanisasi pertanian merupakan salah satu komponen penting untuk pertanian modern dalam mencapai target swasembada pangan berkelanjutan.

“Inovasi dan pemanfaatannya oleh petani perlu terus didorong,” ujar Amran.

Ia menyatakan anggaran Kementerian Pertanian untuk mekanisasi dan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) saat ini sudah naik 2.000 persen.

Kementerian Pertanian (Kementan) berinisiatif menggenjot produktivitas pertanian untuk menjawab tantangan revolusi industri 4.0.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News