Mentan: Giatkan Upsus Siwab Melalui Festival Ternak

Mentan: Giatkan Upsus Siwab Melalui Festival Ternak
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman aat menghadiri Festival Ternak Hasil Inseminasi Buatan (IB) di Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, LUWUK - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman meminta aparat dan peternak di Kabupaten Luwu Utara menjadikan festival ternak hasil inseminasi buatan (IB) sebagai momentum untuk memajukan pembangunan sektor peternakan.

Peningkatan peran sektor peternakan ini dimungkinkan mengingat Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan di Luwu Utara telah menjadi dinas yang berdiri sendiri.

"Ini merupakan upaya agar pembangunan sektor peternakan lebih dapat ditingkatkan dan di kembangkan," kata Amran saat menghadiri Festival Ternak Hasil Inseminasi Buatan (IB) di Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan.

Dia menyebutkan bahwa sektor peternakan memegang peranan yang sangat strategis dalam pembangunan daerah maupun nasional.

Terutama sebagai penyedia konsumsi protein hewani asal ternak, sekaligus berperan meningkatkan kesejahteraan peternak dan ketahanan pangan masyarakat.

Bahkan Amran mengibaratkan usaha peternakan sebagai tambang emas yang tak ternilai harganya.

Baik itu emas merah berupa daging, susu sebagai emas putih karena mengandung banyak protein yang berguna bagi tubuh.

Serta kotoran sapi sebagai emas hitam yang berguna untuk pupuk dan bahan energi biogas.

Pada kesempatan itu, Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani menyampaikan bahwa saat ini di daerahnya terdapat populasi 27.963 ekor sapi ternak yang terdiri dari 6.779 ekor pejantan dan 10.111 ekor sapi betina produktif atau akseptor yang potensial untuk inseminasi buatan.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman meminta aparat dan peternak di Kabupaten Luwu Utara menjadikan festival ternak hasil inseminasi buatan (IB)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News