Menteri Luhut Buka Tour de Mollvccas, Ini Harapannya

Menteri Luhut Buka Tour de Mollvccas, Ini Harapannya
Menko Kemaritiman Luhut B Panjaitan pada pembukaan Tour de Mollvccas di Ambon, Maluku, Minggu (17/9). Foto: Fathan Sinaga/JPNN.Com

jpnn.com, AMBON - Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan membuka lomba balap sepeda internasional Tour de Mollvccas (TdM) di Ambon, Maluku, Minggu (17/9). Dalam pidato sambutan saat membuka TdM, Luhut mengharapkan event tahunan itu membuat pariwisata Maluku makin eksis di mata dunia.

"Saya kira acara ini akan menjadi tur yang menarik, 714 kilometer keliling Maluku. Kota Ambon yang bersih, indah, dan damai," kata Luhut dalam sambutannya. 

Luhut juga mengharapkan TdM bisa jadi ajang untuk mengampanyekan Maluku yang bersih, solid dan ramah. Karena itu dia juga berpesan kepada para pembalap mancanegara untuk mengabarkan keindahan panorama Maluku ke negara masing-masing.

"Indah alamnya yang tentunya bisa menjadi daya tarik untuk bagi peserta," kata jenderal purnawirawan TNI itu.

Karena itu Luhut juga mengingatkan panitia penyelenggara TdM dan warga Maluku agar menjaga kebersihan selama event internasional itu berlangusng. Dia warga tak sembarangan membuang sampah.

"Sampah itu dikumpulkan lalu bisa menjadi campuran aspal. Selain menjadikan lingkungan kita bersih, menjaga kesehatan juga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat,” tandas dia. 

Tour de Molvccas adalah balap sepeda yang bertujuan meningkatkan kepariwisataan di Provinsi Maluku. Rute yang akan dilalui peserta adalah jalan aspal hotmix sepanjang Pulau Maluku dan akan berlangsung hingga Jumat (22/7).

Rute balap melintasi tiga kabupaten dan satu kota, terbagi dalam lima etape dengan total jarak tempuh sepanjang 714 km. (mg4/jpnn)

Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan mengharapkan Tour de Mollvccas bisa jadi ajang untuk mengampanyekan Maluku yang bersih, solid dan ramah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News