Menteri Nasir: Nasionalisme Harus Menggema di Kampus

Menteri Nasir: Nasionalisme Harus Menggema di Kampus
Menristekdikti Mohamad Nasir. Foto: Humas Kemenristekdikti

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan kampus jangan hanya sebagai wahana pengembangan ilmu pengetahuan saja tapi juga harus bisa mengembangkan rasa nasionalisme dan kedamaian.

“Hari ini bertepatan dengan hari lahirnya Pancasila, nasionalisme dan kedamaian harus menggema di kampus," ucap Nasir, Jumat (1/6).

Menurutnya, ada empat pilar yang harus ditanamkan selalu dalam diri yaitu Pancasila sebagai ideologi negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

“Dengan adanya kegiatan Nusantara Mengaji di Undip mudah-mudahan kita bisa terhindar dari radikalisme, terorisme, dan narkoba,” tutur Nasir.

Sementara itu, Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Yos Johan Utama mengatakan kegiatan Nusantara Mengaji ini bertepatan dengan hari lahirnya Pancasila dan peringatan Nuzulul Quran.

“Kami bersyukur bisa menerapkan nilai-nilai Pancasila yang didalamnya terdapat nilai-nilai keimanan kepada Tuhan, untuk memupuk rasa persatuan. Undip juga harus menjadi bagian sebagai pemecah masalah bukan pembuat masalah," pungkas Johan.(esy/jpnn)


Menteri Nasir mengatakan kampus jangan hanya sebagai wahana pengembangan ilmu pengetahuan saja tapi harus bisa mengembangkan rasa nasionalisme dan kedamaian


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News