Menteri Puan Ajak Para Ibu Indonesia Ajarkan Anak Membaca

Menteri Puan Ajak Para Ibu Indonesia Ajarkan Anak Membaca
Puan Maharani. Foto: Kemenko PMK

jpnn.com, JAKARTA - “Sabar dan lapangkanlah dadamu. Jangan selalu mau cepat marah. Ambillah bumi ini sebagai contoh. Dia kita injak, kita ludahi, kita belah, kita tusuk dan kita lukai dengan berbagai alat. Tetapi Dia selalu sabar dan diam, selalu memberikan kita makanan lezat dan berguna.”

Itulah penggalan dari buku pertama seri cerita kenangan yang ditulis oleh Novelis, mendiang NH Dini, berjudul ‘Sebuah Lorong di Kotaku’ dan diterbitkan pertama kali pada 1978 silam.

Penggalan isi buku cerita kenangan itu kembali dibacakan dengan penuh khidmat oleh Menko PMK, Puan Maharani, dalam rangka perayaan Hari Ibu 2018 dan Gerakan Ibu Bangsa Membaca, Kamis siang, di auditorium utama gedung Perpustakaan Nasional RI, Jl. Medan Merdeka Selatan, Jakarta.

Selain membacakan kutipan buku yang merupakan salah satu koleksi unggulan perpustakaan nasional, Menko PMK bersama
Ibu Mufidah Jusuf Kalla juga mendeklarasikan Gerakan Ibu Bangsa Membaca.

Deklarasi ini juga dilakukan oleh Ibu Erni Tjahja Kumolo, dan seluruh penampil pagelaran literasi.

Dalam kesempatan ini, Menko PMK juga mengimbau agar Perpustakaan Nasional RI mampu menjadi perpustakaan yang dapat menjangkau para pembacanya hingga ke pelosok tanah air, di mana pun, dan kapan pun.

“Agar semua ibu Indonesia makin bertambah minat bacanya. Dengan begitu, kebiasaan baik dengan membaca itu dapat ditularkan ke anak-anak dan keluarganya yang lain,” kata Menko PMK lagi.

Pembacaan kutipan buku NH Dini oleh Menko PMK dilakukan dalam sesi pagelaran literasi yang menampilkan para perempuan Indonesia dari berbagai latar belakang mulai dari pejabat pemerintahan, seniman, pebisnis, filantropis, penulis, hingga atlet dan pemerhati masalah sosial.

Menko PMK mengajak para ibu Indonesia menularkan kebiasaan membaca kepada anak dan keluarganya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News