Menteri Susi: Sudah Saatnya Indonesia Memaksimalkan Potensi Laut

Menteri Susi: Sudah Saatnya Indonesia Memaksimalkan Potensi Laut
Susi Pudjiastuti. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menjabarkan capaian yang diraih KKP sepanjang masa kepemimpinannya (2014-2019).

"Sekarang neraca perdagangan perikanan Indonesia nomor 1 di Asia Tenggara. Konsumsi (ikan) dalam negeri juga terus meningkat. Ikan pun mudah dan gampang diperoleh. Kemudian ekspor juga naik 11 persen. Semua dimulai dari change," tutur Susi.

Tak hanya itu, Susi juga bercerita mengenai upayanya dalam membangun mentalitas jajaran KKP untuk berani melawan praktik illegal fishing.

Karena itu, menurut Susi sudah saatnya Indonesia memaksimalkan potensi laut.

Pasalnya, menurut Susi, praktik illegal fishing telah menjadi permasalahan masif dan kompleks yang dianggap sudah menjadi normal business.

“Tidak ada yang salah selama ini tentang doktrin bahwa Negara kita adalah agrikultur. Kita berada di tropis dengan banyak cahaya matahari, tapi laut kita juga kaya. Itu yang terlupakan selama ini, mari kita sama-sama jaga kedaulatan laut Indonesia. Indonesia adalah satu kesatuan, negara kita bukan pulau yang dibatasi laut, akan tetapi laut adalah yang mempersatukan pulau-pulau sehingga disebut Indonesia,” papar Susi.(chi/jpnn)

 


Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti juga bercerita mengenai upayanya dalam membangun mentalitas jajaran KKP untuk berani melawan praktik illegal fishing.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News