Menurut Akbar, Ini Cobaan yang Sangat Besar

Menurut Akbar, Ini Cobaan yang Sangat Besar
Wakil Ketua Dewan Kehormatan Golkar Akbar Tanjung. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Akbar Tandjung mengungkapkan kekhawatirannya terhadap kondisi terkini Partai Golkar.

Gara-gara Setya Novanto (Setnov) terbelit kasus korupsi proyek e-KTP, elektabilitas Partai Golkar terus menurun.

Jika dibiarkan, menurut Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar tersebut, bisa jadi partai berlambang beringin rindang itu tidak mampu lolos ambang batas parliamentary threshold 4 persen.

Kekhawatiran tersebut diungkapkan saat Akbar menerima pengaduan Generasi Muda Partai Golkar (GMPG) terkait dengan kondisi partai setelah Setnov menjadi tersangka e-KTP.

Berdasar survei terakhir oleh sebuah media, elektabilitas Partai Golkar pada Juli lalu berkisar 7 persen. Itulah tren penurunan yang terus dialami Partai Golkar setelah bulan lalu elektabilitasnya berada di kisaran 11 persen.

’’Saat ini opini publik (terhadap Golkar, Red) sangat kuat. Ini cobaan yang sangat besar,’’ kata mantan ketua umum Partai Golkar tersebut.

Akbar khawatir status tersangka Setnov berdampak panjang pada institusi Partai Golkar. Proses peradilan yang berlangsung lama, di tengah posisi Setnov sebagai pimpinan partai, bakal dilihat publik sebagai bagian yang sama.

’’Tren yang ada sekarang akan terus turun. Kalau lebih dari 4 persen, Golkar masih punya wakil. Kalau di bawah 4 persen? Saya tak bisa bayangkan Golkar tak punya wakil di DPR,’’ ujar mantan ketua DPR tersebut.

Akbar Tandjung mengungkapkan kekhawatirannya terhadap kondisi terkini Partai Golkar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News