Merah Putih Terbalik di Brosur SEA Games, Mbak Puan Tuding Malaysia Ceroboh

Merah Putih Terbalik di Brosur SEA Games, Mbak Puan Tuding Malaysia Ceroboh
Bendera Indonesia (dalam lingkaran merah) pada booklet SEA Games 29th Kuala Lumpur yang terbalik. Foto: Tim Komunikasi Kemenpora

jpnn.com, KUALA LUMPUR - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menuding Malaysia telah bertindak ceroboh sehingga bendera Merah Putih kebanggaan Indonesia tercetak terbalik dalam brosur SEA Games 2017 Kuala Lumpur. Menurutnya, pemerintah negeri jiran itu harus secepatnya menarik booklet SEA Games yang diedarkan dan segera meminta maaf.

"Kecerobohan simbol negara itu fatal. Kami berharap ada permintaan maaf terbuka dari Pemerintah Malaysia kemudian kami meminta yang diedarkan dicabut lagi,” ujar Puan di Kuala Lumpur, Minggu (20/8).

Menteri termuda di Kabinet Kerja itu menambahkan, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) sudah melayangkan protes keras ke Malaysia selaku penyelenggara SEA Games ke-29 di Kuala Lumpur. Menurutnya, tak semestinya dalam penyelenggaraan event sebesar itu sampai muncul kesalahan dalam pencetakan bendera negara peserta.

Merah Putih Terbalik di Brosur SEA Games, Mbak Puan Tuding Malaysia Ceroboh

Menko PMK Puan Maharani bersama Menkumham Yasonna H Laoly (bertopi) Menpora Imam Nahrawi (paling kiri) dan Ketua KOI Erick Thohir (tengah) dalam jumpa pers di Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (20/8) . Foto: Kemenko PMK

“Untuk event sebesar ini apakah sengaja atau tidak, harus diperbaiki karena ini berkaitan dengan simbol Indonesia,” tegasnya.

Puan berada di Malaysia untuk mewakili Wakil Presiden RI Jusuf Kalla yang diundang pada pembukaan SEA Games XXIX . Menurutnya, persoalan bendera Merah Putih dalam booklet SEA Games yang terbalik sudah dilaporkan ke Presiden Joko Widodo.

Meski demikian Puan mengingatkan atlet Indonesia agar tidak terpengaruh dengan insiden itu. ”Sebaiknya tetap fokus pada pertandingan dan memberikan prestasi yang terbaik untuk bangsa di setiap ajang pertandingan cabang olahraga," harapnya.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menuding Malaysia telah bertindak ceroboh sehingga bendera Merah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News