Mesin Baru Audi Q8 Siap Diadu

Mesin Baru Audi Q8 Siap Diadu
Audi Q8 mesin baru. Foto: Audi

jpnn.com - Menghentak pasar SUV premium awal tahun ini, Audi Q8 menawarkan dua pilihan powertrain yang lebih bertenaga, tentunya tetap mengandalkan mesin besar dan suntikan turbocharger.

Varian teratas Audi Q8 didukung mesin 3.0L TFSI dan tambahan pilihan lain 3.0L TDI. Audi mengklaim, SUV coupe mereka ini sangat pantas didapuk sebagai SUV praktis dan responsif.

BACA JUGA: Audi e-Tron GT Hasil Kawin Silang dengan Porsche

Varian pertama, Audi Q8 55 FS menggendong mesin bensin 6-silinder 3.0L dengan direct injection. Letupan tenaganya mencapai 340 Hp pada putaran 1.370 – 4.500 rpm dan torsin puncak 500 Nm.

Di atas kertas, induksi turbocharger membawa Audi Q8 mampu berlari dari titik diam mencapai 100 kpj hanya butuh waktu 5,9 detik, sebelum ke batas kecepatan maksimal 250 kpj.

Varian kedua ialah mesin diesel yang mampu mengarahkan tenaga hingga 231 Hp dan torsi 500 Nm. Disebut sebagai Q8 45 TDI, yang memiliki akselerasi dari 0-100 kpj hanya perlu waktu 7,1 detik. Kecepatan tertingginya 233 kpj.

Kedua mesin baik diesel ataupun bensin bersinergi dengan mild hybrid system, sehingga bisa mereduksi penggunaan bahan bakar fosil hingga 0,7 liter setiap 100 km. Menggunakan sokongan baterai lithium-ion dan Belt Alternator Starter (BAS) yang memasok 48V sistem utama kelistrikan.

Ketika melakukan deselerasi, BAS memungkinkan memasok 12 kW energi untuk recovery energi pada baterai. Saat kecepatan sekitar 55 dan 160 km/jam, Q8 bisa meluncur 40 detik dengan mesin mati ketika pengendara mengangkat pedal akselerator. BAS kemudian menghidupkan kembali mesin cukup halus. Sementara untuk rata-rata kecepatan Start-Stop di batas 22 km/jam.

Menghentak pasar SUV premium awal tahun ini, Audi Q8 menawarkan dua pilihan mesin baru yang lebih bertenaga, tentunya tetap mengandalkan mesin besar dan suntikan turbocharger.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News