Militer AS di Australia Bukan Ancaman

Militer AS di Australia Bukan Ancaman
Militer AS di Australia Bukan Ancaman
JAKARTA--Menteri Pertahanan, Purnomo Yusgiantoro mengatakan, penempatan pangkalan militer Amerika Serikat dengan 2500 perasonelnya di Darwin, Australia tidak mengancam kedaulatan Indonesia. Menurutnya, itu tak ada kaitanya dengan dengan situasi politik di Indonesia khusunya Papua.

Karena kata dia, penempatan tentara Amerika di Austalia itu dilakukan secara bertahap. "Tidak serta merta mereka ditaruh 2500. Untuk yang pertama ditaruh 250 pasukan," kata Purnomo usai sidang KKIP di gedung Kemenhan, Jakarta, Jumat (25/11).

Bahkan, dengan adanya pangkalan militer Amerika tersebut  bisa dimanfaatkan untuk operasi latihan bersama, dan kata Purnomo sudah ada komitmen untuk Indonesia agar melakukan latihan militer bersama-sama. "Jadi itu tidak mengancam Indonesia karena tidak ditujukan untuk ancaman ke kita. Jadi tidak masalah," ujarnya.

Apalagi lanjut Purnomo, hal itu sudah diklarifikasikanya dengan  Menhan Amerika saat bertemu dengannya di Bali. Selain itu, Presiden AS Barack Obama juga telah mengklarifikasi penempatan pasukan militer tersebut kepada Presiden RI.

JAKARTA--Menteri Pertahanan, Purnomo Yusgiantoro mengatakan, penempatan pangkalan militer Amerika Serikat dengan 2500 perasonelnya di Darwin, Australia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News